Fintech menjadi sektor tertinggi dalam layanan pertanyaan, laporan dan pengaduan sepanjang tahun 2022

- 20 Desember 2022 - 14:48

BERDASARKAN data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dari 1 Januari 2022 hingga 9 Desember, ada sebanyak 298.627 layanan yang diberikan OJK. Sektor fintech berkontribusi paling banyak dengan mencapai 21,54% dari total layanan.

digitalbank.id – BERDASARKAN data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dari 1 Januari 2022 hingga 9 Desember, ada sebanyak 298.627 layanan yang diberikan OJK. Sektor fintech berkontribusi paling banyak dengan mencapai 21,54% dari total layanan.

Dengan angka tersebut, Industri Financial Technology (Fintech) menjadi sektor yang paling banyak diterima Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam layanan pertanyaan, laporan, maupun pengaduan sepanjang 2022.

 
 
Lima topik utama pengaduan fintech yang diterima OJK adalah mengenai perilaku petugas pengaduan, restrukturisasi, penipuan (soceng, skimming), kegagalan dan keterlambatan transaksi dan permasalahan bunga/denda/pinalti.

Adapun, secara total layanan yang diberikan OJK, Friderica merinci sebanyak 88,38% berupa pertanyaan, 6,98% adalah laporan dan 4,63% merupakan pengaduan dari semua sektor.

“Tingkat penyelesaian pengaduan OJK adalah sebesar 89%,” jelasnya. Di sisi lain, Friderica juga menjelaskan bahwa OJK akan terus memperkuat dan memperluas program literasi keuangan di masyarakat melalui kegiatan sosialisasi dan edukasi secara offline, online, serta melalui kampanye nasional yang masif.

Juga melakukan,”penguatan sinergi serta aliansi strategis dengan berbagai pihak,” tegasnya.(SAF)

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.