blu by BCA Digital gandeng Talenta Nusantara untuk berdayakan pendidikan vokasi

- 19 September 2023 - 16:56

DATA Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, menunjukkan bahwa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan), masih menghadapi tantangan kebutuhan dunia industri. Tantangan tersebut di antaranya: adanya gap antara kesiapan lulusan SMK dengan kebutuhan skill yang diharapkan industri dunia kerja, pengembangan kurikulum bersama dunia kerja, dan lainnya sehingga kondisi SMK bisa sejalan dengan kebutuhan dunia kerja saat ini.

Kesenjangan itulah antara lain yang mendasari blu by BCA Digital melakukan kolaborasi inovatifnya dalam blUnion bersama platform media sosial untuk vokasi, Talenta Nusantara. Kolaborasi ini bertujuan untuk mendukung kemudahan akses edukasi non-formal dan financial tools yang terintegrasi dalam platform Talenta Nusantara guna menciptakan generasi kompeten dan pintar finansial.

Talenta Nusantara sebagai platform media sosial untuk vokasi, berupaya menjawab tantangan ini dengan menghadirkan platform berisi kelas-kelas kompetensi yang diisi oleh berbagai industri dunia kerja untuk para siswa/i SMK. Selain kelas kompetensi, platform ini juga memungkinkan para siswa untuk mengikuti uji kompetensi keahlian, memiliki sertifikat kompetensi, dan kesempatan magang di industri yang dapat menjadi bekal saat mereka memasuki dunia kerja.

Baca Juga: Tips liburan asyik dari blu by BCA Digital

Oleh karena itu, blu by BCA Digital juga ingin turut mendukung kemudahan akses ini dengan menyediakan financial tools yang terintegrasi, sehingga mereka juga dibekali dengan literasi dalam mengelola keuangan sekaligus mendapatkan akses financial tool yang praktis.

Edwin Tirta, Head of Business Digital BCA Digital mengungkapkan, “Kami senang bisa menjadi bagian dalam mendorong pembukaan akses yang lebih luas dan mudah dalam mendapatkan pendidikan non-formal berkualitas yang disediakan oleh Talenta Nusantara, dengan menjadi blUnion/Bank-as-a-Service yang melengkapi aplikasi Talenta Nusantara dalam menyediakan berbagai financial tool dari blu by BCA Digital.”

Masih menurut Edwin, semangat kolaborasi blu bersama Talenta Nusantara juga menjadi salah satu upaya agar blu dapat menjadi financial buddy untuk generasi muda dalam melakukan perencanaan keuangan. Contohnya dalam mengalokasikan budget mereka untuk kebutuhan pendidikan dan peningkatan kompetensi, baik secara formal maupun non-formal.

Kolaborasi blu by BCA Digital bersama Talenta Nusantara mencangkup pengintegrasian aplikasi blu dengan platform Talenta Nusantara. Di mana, Talenta Nusantara dapat menjadi one stop solution dalam mengakses pendidikan non-formal, sekaligus financial tool yang dibutuhkan para siswa SMK, mulai dari pembukaan rekening dan mengatur keuangan. Selain itu, blu by BCA Digital juga turut mendukung program edukasi yang dilakukan oleh Talenta Nusantara dengan memberikan edukasi terkait penggunaan dan pemanfaatan fitur-fitur keuangan dari blu kepada para siswa dan guru guna menciptakan generasi pintar finansial.

Baca Juga: Gandeng Rekosistem dan blu by BCA Digital, Garuda Indonesia resmikan waste station

Adrianus Yose Rino, Direktur Program Talenta Nusantara mengatakan, “Kami senang dan menyambut baik kolaborasi bersama blu by BCA Digital untuk menjadi mitra perbankan resmi di dalam platform Talenta Nusantara. Sebagai salah satu bank digital terdepan di Indonesia, kami melihat blu by BCA Digital memiliki misi yang sama untuk menciptakan dampak positif, termasuk bagi industri pendidikan di Indonesia.”

Guna mendukung kemudahan akses pendidikan dan berkualitas, blu by BCA Digital juga menyediakan promosi spesial bagi sobatblu yang merupakan siswa-siswi SMK yang sekolahnya bekerja sama dengan Talenta Nusantara. Promosi spesial ini berupa bonus saldo blu sebesar Rp7.500* bagi nasabah baru blu yang melakukan pembukaan rekening blu di aplikasi Talenta Nusantara dengan mengisi kode referral TNXBLU, serta melakukan top up minimal Rp100 ribu. Selain itu, sobatblu yang melakukan transaksi QRIS di aplikasi Talenta Nusantara juga akan mendapatkan cashback sebesar 50%* dengan menggunakan kode promo BLUTNSGL. ■