Konsisten akselerasi digitalisasi, Bank DKI raih apresiasi Pemerintah Daerah 2023

- 14 September 2023 - 17:37

digitalbank.id – Bank DKI raih penghargaan sebagai Mitra Daerah Berkinerja Unggul “Maju Jakarta Melalui Akselerasi Transformasi Digital” atas inisiatif program transformasi digital yang diimplementasikan secara konsisten.

Apresiasi tersebut diterima langsung oleh Direktur Kepatuhan Bank DKI, Ateng Rivai pada gelaran Malam Apresiasi Pemerintah Daerah (APDI) 2023 yang digelar pada Selasa (12/9/2023). APDI 2023 merupakan kerja sama B-Universe dengan Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri dan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia.

Direktur Teknologi & Operasional Bank DKI merangkap Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono pada kesempatan terpisah mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. Dalam beberapa tahun terakhir, digitalisasi telah menjadi tonggak utama dalam perkembangan industri perbankan sebagai upaya menghadirkan layanan perbankan yang lebih cepat, efisien, dan aman.

Baca juga: Perkuat layanan keuangan digital, Bank DKI kolaborasi dengan SPE Solution

”Inisiatif transformasi digital Bank DKI selain bertujuan untuk memperluas akses keuangan dan meningkatkan nilai tambah atas produk dan layanan, juga ditujukan memperkuat kemitraan dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selaku pemegang saham, khususnya dukungan terhadap berbagai program Provinsi DKI Jakarta sebagai wujud dukungan mewujudkan Jakarta sebagai kota global.” ujar Amirul.

Bank DKI terus melakukan sejumlah pengembangan produk dan layanan digital, diantaranya aplikasi JakOne Mobile sebagai super apps, dengan berbagai fitur yang dapat mengakomodir berbagai kebutuhan transaksi keuangan harian secara digital, seperti pembayaran berbagai tagihan, pajak, retribusi, belanja online, top up uang elektronik maupun transaksi QRIS.

Selanjutnya, dalam mendukung perkembangan para pelaku UMKM, Bank DKI hadir dengan layanan JakOne Abank yang dapat memberikan nilai tambah bagi pengembangan usaha melalui system keagenan. Selain itu, Bank DKI terus melakukan pengembangan aplikasi digital lending dengan tujuan menghadirkan kemudahan proses pengajuan kredit/pembiayaan.

Baca juga: Konsisten jaga pertumbuhan, Bank DKI dapat penghargaan Bisnis Indonesia Financial Award 2023

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang turut hadir dan memberikan sambutan, mengatakan sangat mengapresiasi kinerja para kepala daerah yang dapat dilihat melalui ajang APDI 2023. “Adanya kegiatan yang dilaksanakan oleh B-Universe, pemberian penghargaan melalui seleksi yang ketat objektif dan kredibel. Membuat kepala daerah untuk berlomba,” jelas Tito.

Senada dengan itu Executive Chairman B-Universe, Enggartiasto Lukita mengatakan acara ini digelar untuk mengapresiasi kerja keras pemerintah daerah sekaligus menjadi pemicu untuk semakin meningkatkan inovasi di daerahnya masing-masing.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi berujar transformasi digital merupakan langkah penting dalam menjawab kebutuhan pelanggan dan mendukung perkembangan ekonomi dan sosial di daerah.

“Bank DKI berkomitmen untuk terus berinovasi dan menyediakan solusi perbankan digital terbaik bagi masyarakat dan pemerintah daerah.” tambah Arie.

Baca juga: Bank DKI dan Pemprov DKI Jakarta bekali UMKM menghadapi era ekonomi kompetitif

Lebih lanjut, saat ini Bank DKI juga telah melakukan berbagai inisiatif untuk memperluas akseptasi produk transaksi digital berbasis kartu, JakCard mulai dari tiket elektronik di berbagai jaringan transportasi di Kota Jakarta, seperti jaringan JakLingko, Transjakarta, MRT Jakarta, LRT Jakarta, hingga yang terbaru yakni jaringan KRL dan LRT Jabodebek. JakCard Bank DKI pun dapat digunakan sebagai tiket masuk di sejumlah tempat wisata kelolaan Pemprov DKI Jakarta, hingga pembayaran di sejumlah ruas tol seperti Jagorawi, JORR, Bogor Outer Ring Road, ruas tol dalam kota hingga tol Bali-Mandara. ■