CEO Google Sundar Pichai memperingatkan bahwa Amerika Serikat berisiko kalah dalam perlombaan kecerdasan buatan (AI) global dari China jika tidak segera menyederhanakan regulasi yang tumpang tindih. Ia menyoroti lebih dari 1.000 RUU AI di tingkat negara bagian AS yang dapat melumpuhkan inovasi, sementara China bergerak cepat dengan pendanaan miliaran dolar. Fokus Utama: ■ Sundar Pichai […]
Meski Adopsi Korporasi Melonjak 47%, Lebih dari 70% Masyarakat Indonesia Tak Sadar Pakai AI,
Adopsi kecerdasan buatan (AI) di kalangan korporasi Indonesia melonjak 47% dalam setahun terakhir, namun survei menunjukkan lebih dari 70% masyarakat belum menyadari interaksi mereka dengan teknologi ini. Forum industri menggarisbawahi urgensi peningkatan literasi digital dan kolaborasi multipihak untuk menjembatani kesenjangan antara percepatan bisnis dan pemahaman publik. Fokus Utama: ■ Terjadi peningkatan adopsi AI di korporasi […]
Aftech Bekali Anak Muda Babel Hadapi Dua Wajah Digitalisasi Keuangan
Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech) melancarkan ofensif edukasi keuangan digital ke wilayah di luar Jawa, dimulai dari Bangka Belitung, melalui program Infinity. Inisiatif ini bertujuan membentengi generasi muda dari maraknya pinjol ilegal dan penipuan digital, sekaligus mendorong pemanfaatan fintech legal untuk mengakselerasi potensi ekonomi lokal yang tengah bertransformasi digital. Fokus Utama: ■ Aftech secara proaktif membawa […]
Riset BRIN Temukan Fakta Baby Boomers Jabodetabek Masih “Alergi” Pembayaran Digital
Riset Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkap kesenjangan lebar dalam adopsi pembayaran digital antara generasi muda (Gen Z, Milenial, Gen X) dan generasi baby boomers di Jabodetabek. Sementara kepemilikan smartphone generasi muda mencapai >91%, baby boomers hanya 73% dan masih bertahan dengan transaksi konvensional karena tantangan intuitivitas, infrastruktur, dan literasi digital. Fokus Utama: ■ […]
MEMbluDAK, Strategi BCA Digital Ajak Nasabah Rayakan Akhir Tahun dengan “Smarter Spending”
BCA Digital meluncurkan kampanye akhir tahun”MEMbluDAK” dengan lebih dari 100 promo dari 70+ brand ternama, sebagai strategi mengimbangi gelombang belanja musiman dengan pendekatan pengelolaan keuangan yang cerdas. Kampanye ini didukung data peningkatan optimisme konsumen dan dilengkapi fitur-fitur dalam aplikasi blu untuk membantu nasabah mengatur arus kas selama periode belanja tinggi. Fokus Utama: ■ Kampanye MEMbluDAK […]
OJK Posisikan Indonesia Sebagai Hub Regulasi Fintech Asia
OJK dan OECD pimpin forum kebijakan fintech Asia di Bali. Fokus pertemuan ini adalah mencari keseimbangan antara mendorong inovasi teknologi keuangan—seperti AI dan tokenisasi aset—dengan menjaga stabilitas sistem dan melindungi konsumen di tengah lanskap digital yang berubah cepat. Fokus Utama: ■ Perkembangan AI yang eksplosif menjadi perhatian primer. OJK menyadari hal ini dan telah mulai […]
