PermataBank pimpin sindikasi kredit, guyur Rp450 miliar ke TRUE Finance

- 28 Agustus 2023 - 22:50
Permata Bank

digitalbank.id – Bersama dengan lima bank lain PT Bank Permata Tbk (PermataBank) ditunjuk menjadi Mandated Lead Arranger and Bookrunner (MLAB) dalam pemberian fasilitas kredit sindikasi kepada PT Tirta Rindang Unggul Ekatama Finance (TRUE Finance). Nilai kredit yang diguyur ke perusahaan multifinance ini mencapai Rp450 miliar. Penandatanganan perjanjian kredit sindikasi PermataBank dan kelima bank itu dilakukan di Jakarta, Senin, (28/8).

Direktur PermataBank, Herwin Bustaman mengatakan kerja sama fasilitas kredit ini merupakan komitmen PermataBank untuk ikut serta dalam mendukung pertumbuhan dan pemulihan ekonomi nasional melalui dukungan dalam penyaluran kredit kepada masyarakat.

Baca juga: PermataBank kolaborasi dengan Gopay, ditopang teknologi API kini transfer saldo bisa dengan akses BI-FAST

“Kami mengapresiasi kepercayaan True Finance kepada PermataBank untuk memimpin dan mengatur sindikasi tersebut. Kami melihat bahwa True Finance berhasil bertahan dan mencatatkan performa keuangan yang positif selama pandemi dan bahwa industri pembiayaan di pasca pandemi akan terus bertumbuh,” ujarnya usai sermoni penandatanganan kerja sama fasilitas kredit.

Selain itu, kata dia, kerja sama ini juga merupakan komitmen PermataBank sebagai universal bank dalam memberikan produk dan layanan pada seluruh segmen lintas generasi.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua bank nasional yang ikut berpartisipasi dalam sindikasi ini.”

Lebh lanjut dia menjelaskan, dalam fasilitas kredit ini, PermataBank bertindak sebagai Mandated Lead Arranger and Bookrunner (MLAB), Agen Fasilitas, dan Agen Jaminan. Kreditur lainnya yang ikut berpartisipasi dalam kredit sindikasi adalah AlloBank, Bank Papua, Bank Jateng, Bank Sulselbar, dan Bank Bengkulu.

Baca juga: PermataBank jadi bank pertama di Indonesia yang layani trade finance di platform blockchain

Di tempat yang sama, Direktur Utama TRUE Finance Ronny Effendy mengungkapkan rasa terima kasih atas dukungan PermataBank terhadap perjanjian kerja sama fasilitas kredit ini.

“Kepercayaan yang diberikan PermataBank merupakan dukungan yang sangat besar di masa pemulihan ekonomi sekarang, khususnya bagi TRUE Finance yang bergerak di pembiayaan kendaraan dan selalu berupaya memberikan layanan yang terbaik dan menjangkau lebih banyak konsumen di Indonesia,” katanya.

TRUE Finance mencanangkan target penjualan tahun 2023 sebesar Rp1,5 triliun dengan fokus pembiayaan kendaraan bermotor roda empat jenis komersial serta kendaraan penumpang bekas, yang mulai menggeliat kembali pasca pandemi.

“Kinerja usaha TRUE Finance sampai dengan semester I 2023 sangat menjanjikan di mana piutang pembiayaan tumbuh 58% dan pencapaian aset hampir Rp 2 triliun,” ujarnya. ■