Downtime pusat data, masalah serius penghambat transformasi digital

- 30 Agustus 2023 - 13:21

digitalbank.id – Di era yang serba digital seperti sekarang ini, mayoritas bisnis sangat bergantung pada peran pusat data sebagai ‘tulang punggung’ dalam mendorong transformasi digital di seluruh lini fungsi bisnis.

Namun, downtime yang dialami pusat data tetap menjadi sebuah masalah yang serius, mengingat hal ini dapat berdampak besar terhadap berbagai bisnis dengan segala ukuran.

Downtime atau waktu henti yang dialami pusat data merujuk pada kondisi ketika pusat data tidak dapat beroperasi, sehingga mengakibatkan tidak tersedianya layanan IT yang diperlukan.

Baca juga: Perbankan Indonesia belum punya strategi yang tepat dalam membangun platform transformasi digital

Tentunya ini merupakan salah satu penghambat transformasi digital, yang dapat berdampak besar pada infrastruktur IT organisasi, karena dapat menyebabkan terganggunya layanan, kerugian finansial, dan menimbulkan kekecewaan pelanggan.

Indonesia merupakan salah satu pasar dengan pertumbuhan pusat data yang tinggi di Asia Tenggara, dengan estimasi valuasi industri mencapai US$3,43 miliar (setara dengan Rp51 triliun) pada tahun 2027.

Dengan pertumbuhan yang cepat dan potensi yang besar ini, diperlukan perhatian khusus terhadap operasional pusat data, yang tidak hanya mencakup risiko pada jaringan IT dan infrastruktur, tetapi juga seluruh premise.

Downtime dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Ketersediaan pusat data memainkan peran penting saat memantau pusat data yang berukuran besar atau tersebar, dan hal ini merupakan salah satu bentuk layanan bisnis yang sejalan dengan ketersediaan layanan IT.

Ketersediaan layanan bisnis berkaitan dengan ketersediaan layanan IT, terutama dengan Managed Service Provider (MSP), di mana kepuasan pelanggan merupakan aspek yang sangat penting.

Baca juga: Sukses menjawab kebutuhan solusi keamanan informasi di era transformasi digital, ITSEC Asia siap IPO

Menurut studi terbaru dari Paessler, pakar solusi monitoring IT terkemuka, dalam laporan Whitepaper berjudul “Keeping Watch: Monitoring Your Path to Sustainable IT” (“Tetap Waspada: Memantau Perjalanan Mencapai Praktik IT Keberlanjutan”), Transformasi Digital (88%) merupakan salah satu dari tiga prioritas bisnis utama bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia, diikuti oleh Keberlanjutan (75%) dan Peningkatan Produktivitas/Efisiensi (65%).

Perusahaan-perusahaan di Indonesia menilai keamanan, privasi, dan kesesuaian data sebagai salah satu dari tiga prioritas utama bisnis, yang menunjukkan bahwa privasi dan kesesuaian data merupakan salah satu tantangan yang dihadapi oleh banyak perusahaan besar.

Hal ini menjadi alasan utama mengapa pusat data memainkan peran yang sangat penting untuk dipertimbangkan oleh pelaku bisnis.

Selain itu, Survei Pusat Data Global 2022 dari Uptime Institute juga menunjukkan bahwa lebih dari 60% operator pusat data telah melaporkan terjadinya downtime dalam tiga tahun terakhir.

Baca juga: Andal terapkan transformasi digital BRIVOLUTION 2.0, BRI sabet 4 penghargaan di ajang SPEx2® DX Award 2023

Seiring dengan meningkatnya ketergantungan pada perangkat digital, dampak dari terputusnya akses pusat data dapat berdampak pada perekonomian.

“Dalam lingkungan yang sangat kompetitif, downtime tidak hanya menyebabkan pengguna merasa jengkel, tetapi juga berpotensi menimbulkan kerugian finansial dan kerusakan reputasi perusahaan. Gangguan pada pusat data dapat mengakibatkan kerugian finansial yang signifikan karena operasional yang terganggu, peluang bisnis yang hilang, dan kekecewaan pelanggan. Selain itu, efek jangka panjang dari downtime dapat mencakup penurunan loyalitas pelanggan, hilangnya pangsa pasar, hingga menurunnya daya saing perusahaan,” ujar Felix Berndt, Regional Sales Manager of Asia Pacific, Paessler.

Sebagian besar pemimpin IT (sekitar 82%) di industri teknologi, telekomunikasi, dan pusat data menyatakan bahwa mereka telah memiliki strategi pusat data yang berkelanjutan.

Salah satu strategi tersebut adalah dengan menerapkan solusi monitoring IT untuk mempercepat proses pelaksanaan dan perkembangan, dengan memprioritaskan penerapan solusi monitoring IT yang andal dan berkelanjutan untuk meminimalisir downtime dan memastikan kelancaran kegiatan operasional.

Solusi monitoring dirancang untuk memantau infrastruktur jaringan pusat data secara real-time dan dapat membantu organisasi mendeteksi potensi kendala pada pusat data sebelum menjadi masalah.

Seiring berjalannya waktu, bisnis semakin menyadari manfaat dari solusi pemantauan IT secara real-time (lebih dari 90% bisnis di berbagai sektor), dan 90% bisnis telah menjadikan strategi IT yang berkelanjutan sebagai prioritas utama mereka.

Baca juga: Jalani transformasi digital sejak 2020, BTN telah menutup 175 kantor cabangnya

Melalui solusi monitoring IT, perusahaan dapat memperoleh manfaat dari kontrol yang lebih baik dan pemantauan terhadap infrastruktur dan proses IT di tempat yang sama, sekaligus mendapatkan insights yang lebih komprehensif terkait jaringan, memungkinkan untuk menghemat waktu dan biaya dalam prosesnya.

Menurut laporan tersebut, masih banyak bisnis di Indonesia yang melihat keberlanjutan dan profitabilitas sebagai sesuatu yang bertentangan, padahal jika kedua hal tersebut diukur dengan menggunakan solusi monitoring, maka tidak hanya dapat membantu untuk mengukur jumlah sumber daya yang dapat dihemat (95%), namun organisasi juga dapat mengevaluasi kebutuhan peralatan IT yang tepat (100%), serta mengoptimalkan konsumsi energi (100%).

Solusi monitoring IT tidak hanya terbatas untuk mendukung program manajemen berbasis prediksi. Jika dikaitkan dengan pusat data, solusi monitoring mendukung pemantauan seluruh komponen IT, termasuk fasilitas dan keamanan eksternal, serta deteksi dan sistem pemberitahuan yang dapat disesuaikan.

“Dengan memberikan tinjauan terpusat terhadap seluruh infrastruktur pusat data, solusi monitoring yang menyeluruh dapat mendukung program pemeliharaan preventif dengan memonitor sensor dan perangkat IoT yang menyediakan data secara real-time,” tutup Felix Berndt. ■

Comments are closed.