Setelah BRI dan BNI, giliran Bank Mandiri pastikan ekspansi digital ke metaverse

- 16 Maret 2022 - 19:59

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) menyatakan akan melakukan ekspansi digital dengan menggelar layanan di dunia metaverse. Bank Mandiri melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan WIR Group, perusahaan pengembang teknologi augmented reality dan metaverse.

digitalbank.id – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) menyatakan akan melakukan ekspansi digital dengan menggelar layanan menggunakan teknologi metaverse. Bank Mandiri melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan WIR Group, perusahaan pengembang teknologi augmented reality dan metaverse.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan langkah tersebut juga bagian dari transformasi digital yang dilakukan perusahaan sesuai dengan fokus utama Presidensi G20 tahun ini. Kolaborasi dengan WIR Group akan memberikan warna baru khususnya dalam sektor perbankan. Bank Mandiri memandang metaverse sebagai sebuah dunia yang dirasa tepat untuk merealisasikan visi beyond banking.

“Metaverse merupakan tempat yang ideal untuk melakukan ekspansi bisnis digital secara menyeluruh tanpa dibatasi oleh ruang fisik,” ujarnya kepada media dalam konferensi virtual, Rabu (16/3/).

Baca juga: Livin by Mandiri tembus 9,8 juta pengguna dengan transaksi senilai Rp1.680 triliun

Menurut dia, perusahaan akan menggali potensi layanan perbankan di metaverse, mulai dari layanan perbankan dasar seperti virtual branch hingga layanan yang bersifat beyond banking atau di luar perbankan. Dengan adanya metaverse, Bank Mandiri juga akan ikut mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang sejalan dengan visi pemerintah Indonesia.

Leboh lanjut dia mengatakan kehadiran industri jasa keuangan di Metaverse sendiri baru memasuki tahap pengembangan awal. Kedepannya tidak tertutup kemungkinan Metaverse akan menjadi lokasi berkembangnya masa depan perbankan yang berbasis advanced technology.

Pada 2021 jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 73,3% dari total penduduk Indonesia atau sekitar 202 juta orang. Hal tersebut mendorong peningkatan transaksi pada layanan digital di Indonesia yang melesat lebih dari 20 persen pada 2021.

Baca juga: Terlibat dalam ekosistem pariwisata, Bank Mandiri sinergikan Livin’ dengan InJourney

Melihat tren tersebut, Bank Mandiri bertransformasi dengan meluncurkan Financial Super App Livin’ by Mandiri untuk nasabah retail dan Wholesale Digital Super Platform Kopra by Mandiri tepat di hari ulang tahun Bank Mandiri ke-23 di bulan Oktober 2021 lalu.

“Upaya ini dilakukan Bank Mandiri guna menghadirkan layanan yang terhubung dengan ekosistem digital yang dapat diakses oleh seluruh nasabah Bank Mandiri secara mudah, cepat dan aman,” tuturnya.

Ke depannya, demikian Darmawan, akan banyak fitur-fitur baru yang dikembangkan, termasuk metaverse ini, dengan layanan yang semakin berfokus kepada nasabah, tentunya dengan tidak melepaskan peran teknologi di dalamnya. (HAN)

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.