Tak cukup jadi bank digital, KB Kookmin Bank putuskan masuk ranah metaverse

Share post:

Bank virtual yang didesain KB Kookmin terdiri dari pintu masuk, ruang VIP, dan aula utama, di mana yang terakhir akan memungkinkan pelanggan untuk mengakses informasi keuangan yang dipersonalisasi. KB berencana menggunakan cabang virtual untuk mendidik kaum muda tentang keuangan dan pelatihan karyawan.

digitalbank.id – KB KOOKMIN BANK – salah satu lembaga keuangan terbesar di Korea Selatan – telah memasuki ranah virtual dengan pengembangan KB Metaverse VR Branch Testbed. KB tampaknya merasa tak cukup eksis sebagai bank digital dan memilih advance teknologinya dengan mengusung metaverse. 

Langkah ini akan memungkinkan pelanggan untuk mengakses layanan perbankan di metaverse dengan memakai perangkat VR yang dipasang di kepala.

Pengembang konten VR, Sharebox, seperti dilansir laman coinrivert.com, dipilih untuk membangun layanan perbankan virtual dan transaksi seperti pengiriman uang dapat dikelola oleh petugas bank.

Baca juga: Tren e-commerce terus positif, Modalku salurkan pendanaan Rp55 miliar ke 4.000 merchant Shopee

Konsultasi one-on-one antaravatar pelanggan dan karyawan juga akan dimungkinkan.

Bank virtual yang didesain KB Kookmin terdiri dari pintu masuk, ruang VIP, dan aula utama, di mana yang terakhir akan memungkinkan pelanggan untuk mengakses informasi keuangan yang dipersonalisasi. KB berencana menggunakan cabang virtual untuk mendidik kaum muda tentang keuangan dan pelatihan karyawan.

Jinsoo Yoon, Vice President of Tech Group di KB Kookmin Bank, mengatakan adaptasi terhadap era teknologi baru merupakan langkah yang harus diambil.

“Tujuannya adalah untuk secara pre-emptive menanggapi perubahan keuangan di era metaverse yang akan datang dan untuk menginternalisasi eksperimen layanan keuangan baru dan kemampuan teknologi,” kata Yoon.

Bank KB Kookmin sendiri merupakan induk perusahaan Bank KB Bukopin yang memiliki aset terbesar diantara bank komersial lainnya di Korea dengan total aset sebesar KRW 438,4 triliun (per 31 Desember 2020). Fokus utama dari Bank KB Kookmin dan KB Bukopin adalah menguatkan kapabilitas “Manajemen Resiko” dan “Keuangan Digital”.

Baca juga: Ihtiar membatasi pinjol ilegal, perlukah moratorium?

Sebagai induk Bank Bukopin, KB Kookmin Bank meluncurkan kampanye perdananya di Indonesia pada Desember 2020 dengan menggandeng BTS sebagai ambasador mereka. Bank KB Kookmin menargetkan PT Bank KB Bukopin Tbk. masuk 10 besar bank ritel di Indonesia.

Investasi US$3,2 miliar

Korea Selatan telah menjadi pendukung signifikan dari metaverse dengan Pemerintah Metropolitan Seoul (SMG) mengumumkan bahwa Seoul akan menjadi kota besar pertama yang memasuki dunia virtual.

Ibu kota Korea Selatan telah menginvestasikan 3,9 miliar won (sekitar US$3,2 miliar) dalam proyek tersebut dan telah menjadwalkan 2023 sebagai tahun di mana teknologi metaverse dapat menawarkan layanan administrasi, seperti pengaduan sipil dan konsultasi. (HAN)

Related articles

Bank Indonesia ungkap transaksi QRIS per Agustus 2023 capai Rp18,33 triliun

digitalbank.id - Bank Indonesia (BI) mengungkapkan pada Agustus 2023, nilai transaksi uang elektronik (UE) mencapai Rp38,51 triliun atau...

Bank Mandiri Taspen kolaborasi dengan Bukalapak pacu digitalisasi UMKM

digitalbank.id - PT Bank Mandiri Taspen melakukan kolaborasi dengan Bukalapak untuk lebih memacu UMKM menuju digitalisasi. Direktur Business Bank...

Bank BTN pasarkan produk UMKM di ajang China ASEAN Expo 2023

digitalbank.id - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. memfasilitasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan perseroan menjual...

Hai gaesss, Bank BTN tawarkan KPR bagi Gen Z yang mau punya rumah

digitalbank.id - Kabar baik bagi para Generasi Z kelahiran 1997 hingga 2002. Generasi yang akrab disapa Gen Z...