Kinerja solid, Bank OCBC NISP bukukan aset Rp247 triliun dan kantongi laba Rp3 triliun

- 31 Oktober 2023 - 17:32

BANK OCBC NISP melaporkan hasil kinerja yang solid di kuartal ketiga tahun 2023. Laba bersih Bank meningkat 20% menjadi Rp3,05 triliun secara tahunan (yoy).

Pertumbuhan laba bersih tersebut didorong oleh pertumbuhan pendapatan bunga bersih sebesar 17% YoY dan penurunan cadangan kerugian penurunan nilai sebesar 19% YoY. Selain itu, rasio kecukupan modal atau CAR Bank juga senantiasa kuat di angka 23,2%, jauh di atas ketentuan minimum.

Presiden Direktur Bank OCBC NISP Parwati Surjaudaja mengatakan, Bank OCBC NISP menutup kuartal ketiga tahun 2023 dengan kinerja yang kuat dan solid. Bank mencatatkan aset konsolidasi sebesar Rp247,0 triliun, naik 12% dari tahun sebelumnya pada periode yang sama. Selain itu, pada kuartal ketiga 2023, Dana Pihak Ketiga (DPK) Bank OCBC NISP juga membukukan kenaikan sebesar 14% menjadi Rp184,3 triliun.

Baca juga: Lengkapi kebutuhan nasabah, unit syariah Bank OCBC NISP luncurkan tiga produk

“Peningkatan DPK ini menunjukkan semakin tingginya tingkat kepercayaan nasabah terhadap bank,” ujarnya, Selasa (31/10).

Menurut dia, hingga September 2023, Bank OCBC NISP mencatat pertumbuhan kredit sebesar 10% menjadi Rp144,7 triliun dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Selain itu, kualitas aset juga terus meningkat, yang tercermin pada penurunan Non-Performing Loan (NPL) Bruto menjadi 1,9% pada akhir kuartal ketiga 2023.

Bank OCBC NISP juga telah menyalurkan pembiayaan berkelanjutan sebesar Rp30 triliun, atau berkontribusi hingga 20,5% terhadap total kredit Bank per tanggal 30 September 2023. Dari jumlah tersebut, Rp3,2 triliun disalurkan untuk program #TAYTB Women Warriors sebagai bagian dari pembiayaan perempuan, atau meningkat 6,2% YoY. Selain itu, total pembiayaan hijau tercatat sebesar Rp12 triliun, yang di antaranya disalurkan untuk pembiayaan energi dan energi terbarukan, bangunan berwawasan lingkungan, dan lain-lain.

Baca juga: Musim liburan segera tiba, ini kiat liburan cerdas demi maximum healing ala OCBC NISP

Untuk lebih mendorong literasi dan inklusi keuangan bagi individu serta UKM, Bank meluncurkan Nyala Bisnis, solusi bisnis untuk membantu pengusaha Indonesia #BeraniNaikLevel. Sementara, untuk nasabah individu, Bank baru-baru ini memperkenalkan fitur Life Goals dan Tabungan Emas di ONe Mobile. Bank OCBC NISP merupakan bank tabungan emas digital pertama di Indonesia.

“Meskipun Bank OCBC NISP menutup kuartal ketiga tahun 2023 dengan kinerja yang positif, kami tetap akan terus waspada. Kami juga senantiasa berusaha untuk menjaga kepercayaan konsumen agar dapat meningkatkan minat berbelanja dan investasi mereka, sehingga perekonomian terus bergerak maju,” tambah Parwati. ■

Comments are closed.