Bank KB Bukopin kucurkan kredit kendaraan listrik Rp309 miliar ke anak usaha Indika Energy

- 2 Oktober 2023 - 20:42

Sebagai upaya mendorong ekosistem kendaraan listrik, Bank KB Bukopin memberikan fasilitas kredit hijau senilai US$20 juta atau lebih dari Rp309 miliar kepada PT Energi Makmur Buana (INVI) yang merupakan anak usaha PT Indika Energy.

Penandatanganan surat persetujuan pemberian fasilitas kredit dilakukan oleh Kepala Divisi Bisnis Wholesale PT Bank KB Bukopin, Feisel Martha bersama President Director PT Energi Makmur Buana, Andreas Justiabel di Kantor Pusat Bank KB Bukopin, Senin (2/10). Perjanjian fasilitas antara Bank KB Bukopin dengan INVI tersebut memiliki jangka waktu hingga dua belas bulan sejak tanggal penandatanganan tersebut berlangsung.

Wakil Direktur Utama Bank KB Bukopin Robby Mondong mengatakan, fasilitas kredit tersebut diberikan untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik komersional nasional, di antaranya pengadaan electric bus untuk Trans Jakarta dan termasuk pembiayaan untuk pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Pemberian fasilitas kredit ini juga sebagai wujud nyata komitmen KB Bukopin dalam penerapan prinsip keberlanjutan yang sejalan dengan pilar Environment, Social, dan Governance (ESG).

Baca juga: KB Bukopin luncurkan KBstar, mobile banking yang andalkan user interface dan user experience

“Pembiayaan hijau berpotensi meningkat sejalan dengan tumbuhnya perekonomian secara umum, maupun ekosistem ekonomi hijau secara khusus. Terlebih pemerintah sebagai regulator memberikan dukungan penuh bagi perbankan untuk menyalurkan kredit hijau tersebut,” ujarnya usai penandatangan kerja sama.

Menurut dia, KB Bukopin percaya dengan ikut aktif dalam pembiayaan berbasis ESG, dapat memberikan dorongan untuk mendukung transisi Indonesia menuju ekonomi berkelanjutan, mendorong inovasi teknologi dan menciptakan lapangan kerja baru di sektor ini.

“Selain itu kami melihat pembiayaan hijau sendiri mempunyai potensi yang besar di Indonesia. Kami berharap kemintraan dengan PT Energi Makmur Buana dapat mengakselerasi pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia,” katanya.

Kehadiran INVI di Indonesia tidak hanya dari sisi distributor kendaraan listrik komersial, namun juga sebagai Seamless EV Experience.

Baca juga: Fokus garap bisnis wholesale, penyaluran kredit KB Bukopin capai Rp42,3 triliun

Direktur Utama PT Energi Makmur Buana Andreas Justiabel berharap langkah ini dapat memberikan kontribusi positif kepada Indonesia, sekaligus turun berpartisipasi dan mendukung insiatif pemerintah Indonesia dalam mempercepat ekosistem kendaraan listrik Indonesia dan menghadirkan masa depan mobilitas kendaraan komersial lokal yang lebih ramah lingkungan.

“INVI mencerminkan semangat kami untuk menghadirkan masa depan mobilitas kendaraan komersial lokal yang lebih ramah lingkungan. Kami bertekad untuk menghadirkan produk melalui solusi yang inovatif dengan memahami kebutuhan konsumen Indonesia,” katanya.

Penandatanganan fasilitas kredit senilai lebih dari Rp309 Miliar tersebut juga turut dihadiri Jajaran Direksi dan Management Bank KB Bukopin, diantaranya Wakil Direktur Utama Bank KB Bukopin Robby Mondong, S Direktur UKM & Bisnis Wholesale Yohanes Suhardi, Kepala Departemen Pinjaman Wholesale Yupiter Simbolon, dan Manajer Pinjaman Wholesale Donny Maliki. Sementara dari PT Energi Makmur Buana dihadiri oleh Legal Manager PT Energi Makmur Buana Taufik Susilo dan Marketing Staff PT Energi Makmur Buana -Siska Amalia Bustomi. ■

Comments are closed.