BNC optimistis layanan perbankan digitalnya akan terus menjadi pilihan utama masyarakat

- 11 Juli 2023 - 13:56

digitalbank.id – PT Bank Neo Commerce Tbk (BNC), bank dengan layanan digital yang memiliki jumlah nasabah terbanyak di Indonesia dengan lebih dari 20 juta pengguna, semakin memantapkan kiprahnya menjadi bank pilihan masyarakat. Hal ini tercermin dengan jumlah transaksi bulanan (MTU) yang cenderung mengalami peningkatan secara konsisten dalam enam bulan terakhir dari Januari hingga Juni 2023.

Dalam enam bulan terakhir, loyalitas nasabah juga menguat terlihat dari adanya peningkatan jumlah nasabah yang menempatkan dananya di produk deposito Neo WOW sekitar 4,5% dan nominal jumlah penempatan deposito yang naik di kisaran 20%. Hal ini juga menunjukkan semakin tingginya tingkat kepercayaan nasabah terhadap BNC.

Tingkat loyalitas nasabah juga tercermin dari jumlah nasabah yang terus menggunakan layanan BNC (retention rate) di aplikasi neobank meningkat secara konsisten hingga di kisaran 75%.

Berbagai pencapaian atas kinerja yang ditorehkan BNC tersebut di atas, mendapatkan pengakuan dari beberapa pihak, yang terbaru, yaitu Forbes, sebuah majalah bisnis terkemuka dunia, memasukkan BNC dalam urutan ke-9 Bank Terbaik pada April 2023, di ajang Forbes’ World’s Best Banks 2023. BNC juga dinobatkan sebagai salah satu bank terbaik dalam ajang CNBC Indonesia Best Bank of The Year 2023, untuk kategori KBMI I. Berbagai penghargaan ini menunjukkan bahwa kinerja BNC mengalami tren positif dari waktu ke waktu.

Memasuki tahun ketiga sejak bertransformasi menjadi bank dengan layanan digital, BNC terus melengkapi layanan yang diberikan kepada para nasabah yang meliputi individu, korporasi, maupun usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Bagi nasabah korporasi, BNC juga memiliki layanan Corporate Internet Banking (CIB) yang mana nasabah korporasi dapat bertransaksi dengan mudah dan nyaman melalui CIB, serta BNC telah meluncurkan produk BNC Payroll di awal tahun 2023 yang memberikan kemudahan bagi perusahaan untuk dapat melakukan transaksi pembayaran gaji pegawai dari satu rekening ke banyak rekening dalam satu transaksi.

Beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh BNC Payroll, antara lain proses yang mudah dalam melakukan pembayaran penggajian karyawan, yang memungkinkan perusahaan untuk melakukan transaksi transfer baik single maupun bulk payment. Transaksi transfer tersebut dapat dilakukan di hari yang sama maupun hari yang akan datang (future date transaction). Selain itu terdapat special limit untuk fasilitas kredit bagi perusahaan dan berbagai benefit yang melekat pada rekening payroll milik karyawan.

Sejak diluncurkan pada Januari 2023, fitur ini sudah digunakan oleh hampir 100 perusahaan dengan total karyawan lebih dari 11 ribu orang. Sedangkan bagi nasabah individu dan nasabah UMKM, pada kuartal pertama tahun ini, BNC meluncurkan dua layanan terbaru, yaitu Wealth Management dan Neo Bisnis.

Layanan Wealth Management ini memungkinkan nasabah individu untuk dapat membeli produk-produk reksa dana melalui aplikasi neobank dan bancassurance. BNC sendiri telah mendapatkan izin sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang saat ini telah bekerja sama dengan beberapa manajer investasi, yaitu Batavia Prosperindo Aset Manajemen. Ashmore Asset Management Indonesia, Eastspring Investments Indonesia, Sucorinvest Asset Management, dan Manulife Aset Manajemen Indonesia, dengan total sebanyak 21 produk reksa dana yang ditawarkan.

Sedangkan layanan Neo Bisnis diluncurkan guna mendukung pengembangan perekonomian Indonesia melalui peningkatan akses terhadap layanan keuangan dan perbankan digital kepada para penggiat UMKM. Dengan layanan ini, pemilik UMKM dapat mengatur transaksi keuangan dan transaksi bisnisnya sehari-hari, hingga membuat pembukuan dan analisa bisnisnya. Sampai dengan akhir Mei 2023, layanan ini telah digunakan lebih dari 189 ribu merchant untuk mengelola transaksi keuangan dan bisnis mereka.

Fitur-fitur ini melengkapi produk yang ada di neobank, aplikasi mobile banking BNC seperti produk tabungan (Neo Now serta Neo Flexi), produk deposito (Neo WOW), layanan transaksi PPOB, layanan pembayaran melalui QRIS, dan tidak ketinggalan layanan transfer melalui VA, serta produk Neo Pinjam yang melayani khusus bagi nasabah yang memerlukan peminjaman dana untuk berbagai keperluan.

Pejabat Sementara (Pjs) Direktur Utama, PT Bank Neo Commerce Tbk, Aditya Windarwo, mengatakan, beberapa data di atas merupakan indikasi positif yang menunjukkan bahwa layanan BNC semakin mendapatkan hati di masyarakat. Nasabah sudah semakin percaya dan merasakan manfaat dari layanan yang BNC berikan.

“Kami memperhatikan bahwa pada awalnya nasabah BNC menggunakan aplikasi neobank untuk menabung dan berinvestasi di deposito, karena memang suku bunga yang kami tawarkan sangatlah kompetitif. Namun, seiring berjalannya waktu, nasabah semakin sadar bahwa layanan-layanan keuangan dan fitur yang BNC tawarkan semakin lengkap dan sangat membantu mereka dalam melakukan transaksi keuangan sehari-hari,” jelas Aditya dalam siaran pers, Selasa (11/7).

Aditya menambahkan bahwa pihaknya melihat mulai terjadi pergeseran perilaku dari nasabah BNC dalam beberapa waktu terakhir. Pergeseran ini diprediksi akan terus berlanjut. Ke depannya, nasabah tidak hanya menggunakan layanan BNC di aplikasi neobank untuk kebutuhan tabungan, investasi dan transaksi, tapi akan bergeser ke berbagai produk dan layanan yang lebih luas yang menjadikan layanan BNC menjadi layanan perbankan berbasis digital pilihan utama masyarakat.

“Layanan yang BNC berikan yang sebelumnya menjadi alternatif pilihan bagi masyarakat, kini mulai bergeser menjadi layanan yang memenuhi kebutuhan masyarakat,” tutup Aditya. ■

Comments are closed.