Terbukti mudahkan pekerja migran, volume transaksi remitansi Bank Mandiri melonjak 13,2% selama Januari-Mei 2023

- 10 Juli 2023 - 19:09

digitalbank.id – Tren pertumbuhan remitansi Bank Mandiri terus menunjukan tren membaik atau mengalami peningkatan frekuensi dan volume rata-rata per bulan sebesar 4%.

Direktur Jaringan dan Retail Banking PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Aquarius Rudianto mengatakan, dalam lima bulan pertama tahun ini [Januari-Mei], frekuensi transaksi remitansi Bank Mandiri telah tumbuh 7,18% secara year on year (yoy). Sedangkan volume transaksi remitansi naik 13,2% secara tahunan per akhir Mei 2023.

“Bank Mandiri secara konsisten terus mendorong perluasan layanan untuk memenuhi kebutuhan transaksi masyarakat dan nasabah. Tanpa terkecuali kebutuhan pengiriman uang atau remitansi Pekerja Migran Indonesia (PMI),” ujarnya di Jakarta, Senin (10/7).

Menurut dia, Bank Mandiri juga memiliki layanan transfer uang di kantor remitansi (remmitance office), yaitu Hong Kong dan Malaysia untuk memudahkan para PMI.

Pihaknya secara konsisten terus menghadirkan solusi keuangan bagi PMI yang telah terbukti berperan dalam menopang pertumbuhan ekonomi nasional.

“Manfaat remitansi bisa langsung dirasakan langsung oleh keluarga pekerja migran, dan menjadi bagian dari upaya Bank Mandiri untuk memberikan solusi finansial serta meningkatkan inklusi keuangan di masyarakat,” katanya.

Dia menambahkan, pertumbuhan bisnis remitansi Bank Mandiri juga dikontribusi dengan kehadiran fitur Transfer Valas pada Livin’ by Mandiri yang dirilis pada awal tahun 2023. Lewat kehadiran fitur ini, nasabah pengguna Livin’ dapat secara langsung mengirimkan dana ke rekening bervaluta asing secara cepat, murah, utuh dan mudah di mana saja dan kapan saja dalam genggaman.

“Dengan adanya inovasi terbaru Transfer Valas, Bank Mandiri memudahkan nasabah untuk lebih nyaman transfer ke luar negeri dengan lima valuta utama USD, GBP, EURO, SGD, dan AUD, sesuai kebutuhannya secara cepat, murah, utuh dan mudah. Tak kalah dengan layanan lainnya, Bank Mandiri mampu bersaing bahkan lebih baik dari aplikasi lainnya yang menyediakan layanan serupa, dengan tetap mengutamakan kenyamanan nasabah,” demikian Aquarius Rudianto.

Aquarius menjelaskan, dana yang dikirim bisa diterima ke rekening tujuan kurang dari 24 jam dan bahkan dapat diterima hanya dalam hitungan detik khususnya untuk mata uang GBP, EUR, dan SGD.

Selain itu, Transfer Valas juga dapat dilakukan kapanpun secara 24/7 melalui Livin’ by Mandiri, tanpa dibatasi jam operasional bank (pk.09.00 – pk.15.00).

Penerima pun tidak perlu khawatir dana yang diterima tidak utuh, sebab Bank Mandiri menerapkan full amount guarantee. Tak cuma itu, seluruh biaya admin dan pengiriman sudah ditentukan di awal, dengan kurs terkini yang kompetitif bila dibandingkan dengan bank atau pun penyedia jasa keuangan lainnya.

“Ke depan, Bank Mandiri akan terus menambah valuta tujuan lainnya agar lebih memenuhi kebutuhan transaksi nasabah,” tandasnya. ■

Comments are closed.