Riset Danamon membuktikan, program undian masih jadi daya tarik yang dilirik nasabah bank

- 17 Juni 2023 - 05:58

digitalbank.id – PT Bank Danamon Indonesia Tbk. (BDMN) yang menggandeng Jakpat, satu perusahaan riset pasar, mengungkapkan bahwa program undian berhadiah perbankan masih mempunyai daya tarik besar yang dilirik nasabah.

Consumer Funding Business Head Bank Danamon Ivan Jaya mengatakan Riset Bank Danamon bersama Jakpat itu dilakukan dengan metode survei kepada 1.000 responden pada tahun ini.

“Riset berjudul Program Undian Berhadiah Perbankan ini menunjukan pilihan responden dalam mengikuti program undian berhadiah yang diadakan perbankan beragam. Oleh karena itu, Bank Danamon menggelar program undian berhadiah secara beruntun tahun ini,” ujarnya di Jakarta, Jumat (16/6).

Menurut dia, hasil riset menunjukkan 8 dari 10 orang responden memiliki familiaritas yang cukup tinggi dengan program undian berhadiah perbankan.

Mayoritas responden memiliki persamaan preferensi dalam memilih program undian berhadiah dari perbankan. Sebanyak 54 persen responden memilih program undian yang dilakukan dengan intensitas tinggi. Lalu, 48 responden menyukai program hadiah langsung berupa ‘cashback’, serta undian yang diundi di masing-masing daerah.

“Kami memahami bahwa mayoritas responden memilih suatu program undian yang menawarkan kesempatan untuk menang lebih tinggi,” ungkap Ivan.

Ia juga mengatakan hasil temuan riset tersebut mendasari Bank Danamon menggelar program undian berhadiah secara beruntun tahun ini.

Tahun ini, emiten bank berkode BDMN itu memang menggelar program tabungan inovatif bertajuk “Danamon Hadiah Beruntun”. Program tersebut digelar secara beruntun hingga September 2023.

Melalui program tersebut, setiap nasabah memiliki kesempatan untuk memenangkan hadiah menarik secara berulang, mulai dari cashback setiap bulan, hadiah per tiga bulan yang diundi di 12 wilayah berbeda, hingga hadiah utama berupa mobil Tesla Model 3 dan Mercedes-Benz C 200.

Hadiah utama akan diundi pada akhir periode program. Ivan mengatakan program undian berhadiah yang digelar Bank Danamon juga bertujuan mendulang dana murah atau current account savings account (CASA).

Perseroan berupaya meningkatkan CASA untuk mendukung pencapaian suku bunga kredit yang lebih kompetitif dan margin bunga bersih (net interest income/NIM) yang optimal.

Danamon juga mendulang CASA guna meningkatkan potensi kinerja dan menurunkan biaya dana (cost of fund/CoF). Hal tersebut mampu membuat bank lebih kompetitif dalam menyalurkan kredit dengan bunga yang lebih rendah.

Hingga kuartal I/2023, Bank Danamon telah meraup dana murah sebesar Rp73,84 triliun. Porsi CASA terhadap dana pihak ketiga (DPK) bank mencapai 58,8 persen. ■

Comments are closed.