Tips mudik nyaman, lebaran senang dan keuangan aman ala blu by BCA Digital

- 5 April 2024 - 07:49

Di penghujung bulan Ramadan, mudik ke kampung halaman jadi momen yang paling banyak ditunggu orang, terutama para pekerja. Tradisi mudik ke kampung halaman ini biasanya dilakukan agar bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga besar.

Nah, untuk memastikan kelancaran beraktivitas selama momen libur lebaran ini, penting rasanya untuk mengatur keuangan kamu agar tetap aman, baik sebelum, saat, dan sesudah momen perayaan lebaran. Hal ini tentu agar kamu bisa tetap mudik dengan nyaman dan merayakan lebaran penuh dengan kegembiraan bersama sanak keluarga dimanapun kamu berada. Yuk, simak tips kelola dana mudik lebaran anti boncos dan bikin lebaran jadi nyaman berikut ini!

Pakai cara praktis dan hemat untuk beli tiket mudik

Tradisi mudik di Indonesia biasanya berjalan mulai H-7 hingga menjelang hari raya. Masyarakat biasanya menggunakan berbagai moda transportasi untuk mudik, mulai dari pesawat, kapal laut, kereta, bis sampai kendaraan pribadi. Kalau kamu memilih untuk menggunakan transportasi umum, menggunakan layanan dari online travel agent bisa jadi salah satu pilihan praktis untuk membeli tiket berbagai moda transportasi.

Nah, biar pembayarannya juga praktis, kamu juga bisa gunakan metode pembayaran kartu dengan bluVirtual Card.

Caranya kamu hanya cukup pilih metode pembayaran debit/kartu kredit, dan masukkan data bluVirtual Card yang ada di aplikasi blu kamu. Jangan lupa, cek juga berbagai promo yang sedang berjalan dan ditawarkan ya! Salah satunya, jika kamu menggunakan bluVirtual Card di tiket.com, kamu bisa punya kesempatan untuk dapat diskon hingga Rp100 ribu. (Syarat & ketentuan berlaku)

Pastikan saldo kartu Flazz terisi penuh agar mudik jadi aman dan nyaman

Buat kamu yang memilih untuk menggunakan kendaraan atau mobil pribadi untuk mudik, kartu pembayaran gerbang toll jadi item wajib yang harus disiapkan agar perjalanan berjalan lancar. Biar gak panik kehabisan saldo dan membuat antrian mengular saat berada di gerbang toll, kamu harus pastikan kalau saldo sudah terpenuhi sampai kota tujuan ya! Gak perlu pusing cari minimarket terdekat, kamu bisa langsung top up kartu Flazz langsung dari aplikasi blu, kapan saja dan dimana saja lho! Caranya, pilih menu “transaksi” di aplikasi blu, kemudian pilih “Flazz” lalu tempel kartu Flazz kamu di handphone kamu untuk di scan hingga jumlah saldo muncul dan klik top up, setelah itu masukkan nominal top up yang kamu mau.

Siapkan beberapa alternatif metode pembayaran agar belanja jadi nyaman

Buat kamu si generasi cashless, ataupun kamu yang khawatir untuk membawa uang tunai dalam jumlah besar, kamu bisa gunakan kartu debit maupun QRIS sebagai alternatif pembayaran yang nyaman dan praktis dalam menemani perjalanan mudik kamu! Selama perjalanan, ada kemungkinan handphone kamu sulit untuk mengakses sinyal atau kehabisan baterai. Untuk hal ini kartu debit bisa jadi solusinya! blu by BCA Digital telah menghadirkan bluDebit Card untuk para sobatblu, di mana gak cuma bisa buat transaksimu jadi lebih praktis, tapi juga lebih aman.

Hal ini karena bluDebit Card dilengkapi dengan keamanan berlapis, di mana kamu bisa mengatur limit transaksi serta kartu tidak mencantumkan expiry date dan CVV di belakang kartu, sehingga belanja akan terasa lebih aman dan nyaman.

Nah, bagi kamu yang handphone-nya always on sepanjang perjalanan, metode pembayaran QRIS di aplikasi blu bisa jadi bestie yang bikin transaksi kamu jadi makin praktis dengan fitur transaksi tanpa PIN. Fitur transaksi tanpa PIN ini bisa kamu aktifkan dengan cara klik gambar profil di halaman ‘Home’ aplikasi blu kamu, lalu pilih menu ‘Limit Transaksi’.

Dari situ masuk ke pilihan ‘Limit Transaksi Tanpa PIN’ untuk mengatur jumlah nominal maksimal transaksi tanpa PIN lalu aktifkan ‘Tipe Transaksi’ QRIS di halaman yang sama. And voila…mudik nyaman sambil bayar ini-itu pakai QRIS dengan praktis dan tetap aman!

Rencanakan alokasi dana hadiah lebaran untuk saudara di kampung halaman

Selain menjadi momen untuk saling memaafkan, lebaran juga biasanya menjadi momen untuk berbagi kebahagiaan melalui pembagian hadiah lebaran atau THR kepada adik-adik, keponakan dan saudara dekat.

Besaran dana THR ini juga bisa kamu atur dengan menyesuaikan umur keponakan, seberapa dekat hubunganmu dengan keluarga saudara, dan lainnya. Agar besaran dana masing-masing saudara tidak tertukar, kamu bisa memberikan nama pada setiap amplop yang sudah disiapkan atau menggunakan fitur transfer antar bank.

Jika kamu merupakan sobatblu atau nasabah setia blu, kamu bisa membuat transfer THR lebaran kepada sanak saudara jadi lebih seru. Caranya adalah dengan menggunakan fitur bluGift, di mana kamu bisa mengirimkan uang kepada siapa saja dan ke bank mana saja, hanya dengan mengirimkan sebuah link yang nantinya bisa di klaim oleh penerima.

Nggak sekedar kirim uang, bluGift ini juga bisa sekaligus mengirimkan kartu ucapan spesial dengan tambahan pesan khusus kepada penerima.

Untuk menggunakan fitur ini, kamu cukup pilih menu transaksi “bluGift”, kemudian masukan nama penerima dan nomor telepon, selanjutnya pilih kartu ucapan tema “Lebaran” dan masukan ucapan khusus untuk penerima, dan ikuti langkah-langkahnya hingga selesai

Edwin Tirta, Head of Digital Business BCA Digital mengatakan, “Memisahkan dana keuangan itu krusial, terutama saat kita memiliki banyak kebutuhan yang berbeda-beda saat lebaran.

Dengan memanfaatkan berbagai fitur keuangan dari blu by BCA Digital untuk melakukan budgeting seperti membuat kantong-kantong bluSaving dan bluGether, kami harap sobatblu dapat dengan lebih mudah mengatur semua kebutuhan keuangan dan bisa mencapai kedewasaan finansialnya bersama blu.”

Selain menentukan alokasi dana yang akan digunakan, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai promo yang ada agar lebih hemat. Untuk turut memeriahkan Ramadan di tahun 2024, blu by BCA Digital juga menyediakan berbagai promo spesial (syarat dan ketentuan berlaku), mulai dari diskon di aplikasi Grab, beli produk bluInsurance, cashback untuk transaksi di Aplikasi EmasKITA, Moduit, juga untuk transaksi di Kopi Kenangan, Chigo dan Yoshinoya menggunakan QRIS dan bluDebit Card. Info lengkapnya dapat diakses melalui blu.id/ramadan-media ya! ■

Comments are closed.