Aice Group raih Top Halal Award kategori es krim

- 22 Oktober 2023 - 16:09

INDONESIA dengan lebih dari 85% penduduk Indonesia yang menganut agama Islam, dan mayoritas negara-negara di Asia Tenggara juga memiliki mayoritas penduduk Muslim, maka penting memahami betapa pentingnya menjaga kehalalan produk mereka sesuai dengan keyakinan umat Islam.

Menyadari hal ini, produsen es krim terpopuler Indonesia Aice Group sangat memperhatikan kehalalan setiap produk yang dihasilkannya. Atas kesungguhannya itu, Aice yang juga dikenal sebagai perusahaan es krim yang inovatif, berhasil meraih penghargaan prestisius dalam kategori es krim pada Top Halal Award (THA) 2023 yang diselenggarakan oleh IHATEC Marketing Research, Rabu (18/10/2023) lalu di Jakarta.

THA kali ini menjadi pengakuan masyarakat atas visi Aice yang kuat dalam mendukung penciptaan kuliner yang sesuai dengan kebutuhan umat Muslim. Aice sendiri memproduksi es krim halal terbaik tidak hanya untuk pasar Indonesia, tetapi juga ke banyak negara Asia Tenggara dimana Aice mengekspor produk es krimnya.

Baca juga: Whoosh kereta cepat Jakarta-Bandung segera lengkapi mobilitas dan gaya hidup masyarakat

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Dr. Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A., M.M.T., IPU yang menghadiri acara THA tahun 2023 secara daring menyampaikan apresiasi terhadap ajang penghargaan THA serta menambahkan bahwa saat ini perekonomian dan keuangan syariah di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat, dan angka ini berpotensi untuk terus mengalami peningkatan kedepannya.

“Angka penduduk muslim di Indonesia yang semakin meningkat juga diimbangin dengan semakin meningkatnya permintaan produk, jasa, serta gaya hidup masyarakat dalam mengkonsumsi produk halal. Kita bisa melihat bahwa potensi dari perekonomian syariah di Indonesia akan terus mengalami peningkatan. Saya sangat mengapresiasi penganugerahan Top Halal Award 2023, dan berharap hal ini bisa menjadi motivasi bagi para brand serta pelaku usaha untuk terus berinovasi dan memberikan produk dengan kualitas terbaik yang memenuhi standar sehingga bisa bersaing baik di pasar dalam negeri maupun global.” ujar Airlangga.

Aice menjadi salah satu dari 31 brand yang berhasil meraih posisi teratas dalam Top Halal Index (THI), mencerminkan komitmen mereka untuk menghadirkan produk es krim halal berkualitas terbaik. Dari pemilihan bahan hingga proses produksi, Aice telah memastikan bahwa produk mereka memenuhi standar ketat dalam hal kehalalan dan kualitas. Kemenangan ini menambah daftar prestasi Aice dalam menghadirkan keceriaan bagi masyarakat melalui es krim yang lezat, serta berkualitas tinggi.

Baca Juga: Bank Mandiri sematkan fitur lifestyle baru di Livin’ Sukha

Penghargaan THA kali ini mendapatkan 31 brand dengan nilai tertinggi tersebut dari total 500 brand yang dinilai oleh responden secara terbuka. Brand terbaik meraih nilai tertinggi dari survei THI dengan melibatkan 1.300 responden milenial yang diwawancarai secara langsung.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A, juga turut hadir secara langsung untuk memberikan apresiasi terhadap brand-brand yang berhasil menjadi yang teratas dalam penghargaan THA tahun 2023.

“Kami sangat mengapresiasi pelaksanaan Top Halal Award 2023, yang mana bisa menjadi sebuah motivasi bagi para brand untuk terus mengutamakan kualitas termasuk kehalalan produk. Selain memiliki penduduk yang mayoritas muslim, Indonesia juga menjadi salah satu pangsa pasar terbesar terutama bagi produk-produk halal di berbagai industri.” ujar Sandiaga.

Ada dua parameter utama yang digunakan untuk menentukan Top Halal, yakni Brand Index dan Halal Index. Brand Index dibangun oleh top of mind awareness halal, brand yang dibeli atau digunakan terakhir kali, dan brand yang akan dibeli pada masa mendatang. Sementara Halal Index dibangun oleh empat parameter, yaitu informasi dan komunikasi kehalalannya, persepsi kehalalan proses produksi, persepsi kehalalan bahan baku, serta persepsi kemasan atau penyajiannya.

Baca Juga: Dukung healthy lifestyle, Bank Mayapada luncurkan Mayapada Visa Wellness Credit Card

Head of IHATEC Marketing Research sekaligus Executive of Steering Committee THA tahun ini, Anang Ghozali S.T., menegaskan bahwa pemenang THA berasal dari berbagai brand yang memenuhi dua ketentuan kriteria. Pertama, brand memiliki indeks di atas rata-rata indeks kategori produknya, dan kedua, brand yang berdasarkan hasil survei berada pada posisi tiga besar dalam kategori produknya.

“Sekilas tentang Top Halal Award, selain mengungkap sikap dan perilaku Milenial Indonesia terhadap produk halal, survei ini juga mengungkap sejumlah brand yang berhasil meraih Top Halal. Dengan meraih predikat ini, dapat diartikan halal telah melekat pada sejumlah brand tersebut. “Top Halal” adalah brand yang dipersepsi dan diyakini kehalalannya, baik dari segi informasi dan komunikasi kehalalannya, proses produksinya, bahan bakunya, maupun kemasan atau penyajiannya,” ujar Anang.

IHATEC Marketing Research sendiri merupakan salah satu perusahaan yang menawarkan insight dan rekomendasi tentang pasar dan perilaku konsumen seluruh produk yang ada di pasar. THA menjadi salah satu award produk halal yang saat ini paling diantisipasi, baik oleh pemilik brand maupun masyarakat.

Sylvana Zhong, Juru Bicara dan Senior Brand Manager Aice Group, menyatakan terima kasih dan bangga dengan penghargaan yang didapatkan Aice ini. Ia mengungkapkan komitmen Aice dalam membawakan inovasi produk halal yang lezat dan sekaligus terjangkau bagi masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Kiat tetap aksi di tanggal tua dari blu

“Merupakan sebuah kehormatan bagi Aice untuk menerima penghargaan Top Halal Award 2023 dalam kategori es krim ini. Kami percaya bahwa makanan halal adalah hak setiap individu, dan visi kami adalah menghadirkan kelezatan es krim halal kepada masyarakat di seluruh Asia Tenggara. Penghargaan ini adalah bukti kepercayaan masyarakat terhadap kualitas produk es krim kami yang telah memenuhi standar kehalalan. Aice akan terus berkomitmen dalam menghadirkan keceriaan bagi umat Muslim di berbagai negara melalui es krim berkualitas tinggi dan tentunya halal,” jelasnya.

Anang juga menegaskan pentingnya penghargaan ini dalam konteks perkembangan industri halal dan perekonomian di Indonesia dan negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Menurutnya, kemenangan Aice sebagai brand es krim teratas adalah bukti bahwa persepsi Aice sebagai produk es krim yang halal sudah melekat pada diri konsumen.

“Dengan penghargaan ini, kami berharap dapat memberikan motivasi bagi brandbrand lain, terutama Aice, untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk mereka demi mewujudkan visi kuliner halal yang sesuai dengan kebutuhan umat Muslim di Asia Tenggara,” kata Anang.

Baca Juga: Lengkapi kebutuhan nasabah, unit syariah Bank OCBC NISP luncurkan tiga produk

Sejak berdiri, perusahaan Aice selalu memuaskan konsumen dari segi inovasi, kesehatan, dan kepatuhan terhadap standar keamanan yang ketat dalam memproduksi es krimnya. Beberapa deretan inovasi produk es krim Aice terbaru antara lain Aice Mochi Milk Tea dan Aice Moong Bean siap untuk menambah keceriaan bagi masyarakat melalui kelezatan es krim. Aice percaya bahwa setiap orang memiliki hak untuk menikmati kelezatan es krim Aice sebagai camilan sehat, terjangkau dan halal.

Aice akan terus menghadirkan keceriaan bagi masyarakat Muslim di berbagai negara Asia Tenggara melalui produk berkualitas tinggi. Perlu dicatat bahwa THA sendiri diadakan untuk semua perusahaan yang telah memiliki sertifikat halal dari berbagai lembaga sertifikasi halal, dan penghargaan ini memberikan pengakuan khusus atas kualitas produk halal. Keunggulan THA terletak pada metode penilaian yang menggunakan survei langsung kepada konsumen, sehingga brand yang terbaik dipilih berdasarkan tanggapan spontan konsumen, bukan dari daftar brand yang sudah ditentukan sebelumnya. Penghargaan ini juga dapat digunakan dalam media promosi dan kemasan produk, memberikan pengakuan lebih lanjut atas komitmen berbagai brand terhadap produk halal yang berkualitas tinggi. ■

Comments are closed.