Pengawasan OJK terhadap fintech bisa paralel dengan literasi finansial

digitalbank.id – PENINGKATAN FUNGSI PENGAWASAN Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan lembaga berwenang lainnya dalam mengawasi fintech perlu berjalan bersamaan dengan edukasi mengenai literasi keuangan. Demikian disampaikan Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Thomas Dewaranu. Hal ini, lanjut dia, bertujuan agar masyarakat yang tidak memiliki akses ke perbankan (unbanked population) dapat tetap menikmati layanan keuangan. […]

Fintech syariah, potensi tersembunyi yang bakal membesar

digitalbank.id — SAMPAI BULAN NOVEMBER 2021, baru terdapat 17 penyelenggara fintech syariah yang tercatat, terdaftar atau berizin yang beroperasi di Indonesia. Ketua Umum Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI) Ronald Yusuf Wijaya memaparkan, ke 17 fintech syariah itu terdiri dari fintech peer to peer lending (P2P), inovasi keuangan digital (IKD) dan securities crowdfunding. “Itu adalah fintech […]

Belajar dari DBS Bank Singapura: Karena aplikasi malfungsi, reputasi bank digital jadi taruhan

  digitalbank.id — HANYA KARENA SATU komponen infrastruktur perbankan mal fungsi, seluruh layanan perbankan digital DBS Bank terhenti selama lebih dari 24 jam dan terus bertambah. Praktis selama dua hari layanan Bank ini terhenti. “Agak sulit menerima kenyataan ini, sangat di bawah standar dan ekspektasi kami,” keluh Tan Kim Lam, salah satu nasabah setia bank […]

Habis pinjol terbitlah bank digital

digitalbank.id — BLESSING IN DISGUISE, ada berkah di balik musibah. Inilah barangkali yang akan terjadi saat PT. Bank Negara Indonesia (Persero) mengincar kalangan masyarakat dan UMKM yang kini terjebak pinjaman online (pinjol) untuk menjadi nasabah di bank digital milik BNI. Sungguh mulia dan jadi solusi bagi masyarakat dan UMKM. Benarkah kelak hal ini menjadi solusi […]

Salah hitung customer acquisition cost, jangan harap bank digital cuan

digitalbank.id — SUKSES BISNIS Kakao Bank — bank digital Korea terbaik, adalah karena mereka berhasil menekan Customer Acquisition Cost (CAC) atau biaya akuisisi pelanggan ke angka yang sangat rendah. Ketika diluncurkan pada tahun 2016, hanya ada satu aplikasi di sana yang benar-benar kredibel yakni KakaoTalk. Pada bulan pertama operasinya, Kakao Bank berhasil mengumpulkan satu juta […]