Sukses transformasi digital ditentukan oleh budaya bukan teknologi

digitalbank.id — DIGITAL TRANSFORMATION IS culture-driven, not technology-driven. Demikian bunyi sebuah hasil penelitian tentang transformasi digital. Riset ini menunjukkan bahwa halangan terbesar dalam transformasi digital adalah budaya perusahaan yang sulit berubah padahal transformasi digital dipengaruhi terutama oleh budaya, bukan teknologi. Faktor budaya inilah agaknya yang secara serius ditangani oleh manajemen PT. Bank Digital BCA (BCA […]

Bunga simpanan tinggi, kenapa tidak?

digitalbank.id — KETUA DEWAN KOMISIONER Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Purbaya Yudhi Sadewa mengungkapkan, saat ini tingkat bunga penjaminan bank umum menjadi sebesar 3,5%, bank umum dalam valuta asing menjadi 0,25%. Purbaya Yudhi Sadewa juga sempat mengatakan bahwa simpanan dengan bunga di atas bunga penjaminan tersebut tidak dijamin LPS. Oleh karena itu, Bank harus menjelaskan kepada […]

6 risiko penggunaan AI dan ML di bank digital

digitalbank.id – PENGGUNAAN TEKNOLOGI DI sektor perbankan khususnya artificial intellingence (AI) dan machine learning (ML) dewasa ini sangat marak dan masif apalagi karena bank-bank tradisional sedang ramai bertransformasi menjadi menuju bank digital. Namun penerapan teknlologi ini bukan tanpa risiko. Pengelola bank harus cermat dan berhati-hati dalam menerapkannya. Peringatan ini wanti-wanti disampaikan Dr. Dhani Gunawan Idat, […]

Perang tech talent dalam transformasi bank digital di Indonesia

digitalbank.id — DALAM SEBUAH MAKALAH yang diterbitkan World Economic Forum (WEF), disebutkan menjadi perusahaan digital membutuhkan perubahan yang jauh lebih besar daripada sekadar berinvestasi dalam teknologi digital terbaru. Perusahaan perlu mencari model bisnis baru, secara fundamental memikirkan kembali model operasi mereka, mengubah cara mereka menarik dan mengembangkan bakat digital, dan pertimbangkan kembali bagaimana mereka mengukur […]

RDN sebagai integrasi produk digital dari Bank Jago

digitalbank.id — DALAM TRANSFORMASI BANK digital, diperlukan penerapan digital new business model. Caranya, mengalihkan bisnis ke model digital, membuat bisnis digital baru, memperluas batasan bisnis dan melakukan integrasi digital di antara keseluruhan unit bisnis, dengan perusahaan lain. Merubah koordinasi kerjasama dari manual menjadi otomasi, dan menyatukan layanan dengan perusahaan lain secara digital. Boleh jadi, Bank Jago […]

Transformasi digital sering dipersepsikan sebagai mobile banking apps

  digitalbank.id — TRANSFORMASI DIGITAL DI industri perbankan seringkali dipersepsikan sebagai mobile banking apps. Dengan membuat aplikasi mobile banking seolah bank sudah menjadi bank digital. “Itu persepsi yang salah besar,”ucap Bayu Prawira Hie, Pakar transformasi bank digital Indonesia kepada digitalbank.id selepas diskusi virtual Outlook Keuangan dan Perbankan 2022: Peluang dan Tantangan Di Regional DKI Jakarta […]

Bank digital kecuali mengisi pasar ritel, didorong segera masuk ke pinjaman sektor produktif

digitalbank.id — BANK DIGITAL DIHARAPKAN mampu mendorong kenaikan literasi keuangan digital, sekaligus penetrasi pinjaman ke sektor-sektor produktif yang menciptakan lapangan kerja. Demikian disampaikan Direktur Center of Economic and Law Studies, Bhima Yudhistira, menanggapi maraknya pertumbuhan bank digital di indonesia belakangan ini. “Visi jangka panjang bank digital sudah sesuai dengan inti layanan perbankan yaitu menjadi lembaga […]

Aktif dalam ekonomi digital belum tentu melek digital, begini penjelasannya

digitalbank.id — SAAT INI EKONOMI keuangan tradisional sudah berkembang menuju ekonomi keuangan digital. Dipicu dengan adanya pandemi, mereka yang selama ini tidak pernah menjadi konsumen keuangan digital, banyak yang mulai beralih ke keuangan digital. Sementara anak-anak muda telah lebih dulu tenggelam dalam ekonomi digital, melalui belanja online dan layanan keuangan online. Meski demikian, tidak dapat […]

Customer experience dan risiko kejahatan di bank digital

digitalbank.id — SEJAK LAMA customer experience menjadi kunci untuk merebut hati pelanggan. Customer experience adalah sentimen keseluruhan yang dimiliki konsumen terhadap setiap interaksi dengan brand. Interaksi ini tidak harus berupa transaksi jual beli, tapi juga bisa berlaku sejak tahap awareness hingga pelayanan. Semakin baik customer experience yang dimiliki konsumen, maka idealnya semakin baik pula pengaruhnya terhadap hasil […]

Selamat tinggal kantor cabang bank

digitalbank.id — GELOMBANG PENUTUPAN KANTOR cabang bank tak lama lagi akan segera tiba. Bank-bank konvensional kini mulai sibuk berbenah untuk beralih ke bank digital. Lihat misalnya PT Bank Mandiri Tbk (BMRI). Bank plat merah terbesar ini sedang menyiapkan ratusan cabang digital di seluruh Indonesia. “Sejauh ini kami sudah ada tiga konsep cabang digital di mal […]