Menurut OJK belum ada bank digital murni dari awal di Indonesia

digitalbank.id — MASYARAKAT DI INDONESIA boleh dibilang mulai melek digital terbukti dengan banyaknya pengguna (user) bank digital. Beralih kejenis bank ini diyakini lebih efisien dan memudahkan penggunanya setiap akan bertransaksi karena dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Bank digital adalah bank berbadan hukum Indonesia (BHI) yang menyediakan dan menjalankan kegiatan usaha terutama melalui saluran […]

Ajaib, bocah ajaib yang agresif merambah bisnis perbankan

digitalbank.id — TAHUKAH ANDA AJAIB? Sebuah kata yang berarti aneh, istimewa, luar biasa. Memang demikianlah “bayi” Ajaib ini. Berdiri sejak 2018, Ajaib Group menaungi Ajaib Sekuritas (PT Ajaib Sekuritas Asia) dan Ajaib Reksa Dana (PT Takjub Teknologi Indonesia). Ajaib sebagai perusahaan investasi dengan sarana Mobile dan Online Trading yang terbaik di Asia Tenggara dan diminati oleh para investor saham ritel […]

Bank digital syariah menjadi fokus baru Mambu

digitalbank.id — DIREKTUR EKSEKUTIF KOMITE Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) Ventje Rahardjo meyakini kehadiran bank digital yang kini makin marak akan semakin memacu pertumbuhan ekonomi syariah di Tanah Air. Menurut Ventje, penggunaan kanal distribusi digital bagi perbankan merupakan tren yang kini tidak bisa dihindari lagi. Masyarakat sudah sangat terbiasa menggunakan ponsel untuk membuka rekening bank dan […]

Keren, Jenius sebagai most searched bank digital di Indonesia dan kawasan Asia Oceania

digitalbank.id — PT BANK BTPN Tbk (BTPN) pada 11 Agustus 2016 merilis aplikasi Jenius. Ini adalah aplikasi yang pertama kali mendisrupsi industri bank di Indonesia. Betapa tidak, layanan digital banking ini muncul bahkan 2 tahun sebelum aturan digital banking muncul, dan beberapa bulan sebelum ada panduan tentang “kantor digital”. Awalnya Jenius dikenal sebagai mobile banking […]

Ihtiar membatasi pinjol ilegal, perlukah moratorium?

digitalbank.id — SAMPAI SAAT INI masih saja jatuh korban praktek pinjaman online. Presiden Jokowi bahkan sempat menyampaikan keprihatinannya. Berkenaan dengan hal tersebut, pengamat industri financial technology peer to peer lending (fintech P2P lending) Tumbur Pardede menilai, meningkatnya kebutuhan pinjaman di kalangan masyarakat selama pandemi Covid-19, menjadi salah satu alasan utama masih adanya korban dari praktik pinjol ilegal. […]

Pengawasan OJK terhadap fintech bisa paralel dengan literasi finansial

digitalbank.id – PENINGKATAN FUNGSI PENGAWASAN Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan lembaga berwenang lainnya dalam mengawasi fintech perlu berjalan bersamaan dengan edukasi mengenai literasi keuangan. Demikian disampaikan Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Thomas Dewaranu. Hal ini, lanjut dia, bertujuan agar masyarakat yang tidak memiliki akses ke perbankan (unbanked population) dapat tetap menikmati layanan keuangan. […]

Fintech syariah, potensi tersembunyi yang bakal membesar

digitalbank.id — SAMPAI BULAN NOVEMBER 2021, baru terdapat 17 penyelenggara fintech syariah yang tercatat, terdaftar atau berizin yang beroperasi di Indonesia. Ketua Umum Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI) Ronald Yusuf Wijaya memaparkan, ke 17 fintech syariah itu terdiri dari fintech peer to peer lending (P2P), inovasi keuangan digital (IKD) dan securities crowdfunding. “Itu adalah fintech […]

Belajar dari DBS Bank Singapura: Karena aplikasi malfungsi, reputasi bank digital jadi taruhan

  digitalbank.id — HANYA KARENA SATU komponen infrastruktur perbankan mal fungsi, seluruh layanan perbankan digital DBS Bank terhenti selama lebih dari 24 jam dan terus bertambah. Praktis selama dua hari layanan Bank ini terhenti. “Agak sulit menerima kenyataan ini, sangat di bawah standar dan ekspektasi kami,” keluh Tan Kim Lam, salah satu nasabah setia bank […]

Habis pinjol terbitlah bank digital

digitalbank.id — BLESSING IN DISGUISE, ada berkah di balik musibah. Inilah barangkali yang akan terjadi saat PT. Bank Negara Indonesia (Persero) mengincar kalangan masyarakat dan UMKM yang kini terjebak pinjaman online (pinjol) untuk menjadi nasabah di bank digital milik BNI. Sungguh mulia dan jadi solusi bagi masyarakat dan UMKM. Benarkah kelak hal ini menjadi solusi […]

Salah hitung customer acquisition cost, jangan harap bank digital cuan

digitalbank.id — SUKSES BISNIS Kakao Bank — bank digital Korea terbaik, adalah karena mereka berhasil menekan Customer Acquisition Cost (CAC) atau biaya akuisisi pelanggan ke angka yang sangat rendah. Ketika diluncurkan pada tahun 2016, hanya ada satu aplikasi di sana yang benar-benar kredibel yakni KakaoTalk. Pada bulan pertama operasinya, Kakao Bank berhasil mengumpulkan satu juta […]