Rekening Keluarga besutan DANA dukung transaksi digital antar anggota keluarga

- 28 November 2023 - 13:09

DOMPET DIGITAL DANA kembali menghadirkan fitur terbarunya sebagai upaya menciptakan sistem pembayaran dan layanan keuangan digital yang inklusif, agar dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat. Kali ini DANA membesut fitur Rekening Keluarga untuk memudahkan para pengguna dan anggota keluarga bertransaksi secara digital.

Chief of Product DANA Indonesia Rangga Wiseno mengatakan, kehadiran fitur Rekening Keluarga meneruskan komitmen DANA menciptakan sistem pembayaran dan layanan keuangan digital yang inklusif, agar dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat.

Transformasi digital, kata dia, menciptakan peluang bagi DANA sebagai Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) nonbank untuk mengoptimalisasikan teknologi yang ada dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Rekening Keluarga diharapkan dapat menjadi pelengkap ekosistem pembayaran digital yang semakin merata dan mudah diakses bagi seluruh masyarakat.

Baca juga: Igloo gandeng Dana dan Bukalapak berbuah lonjakan premi

“Lebih jauh lagi, kami percaya bahwa fitur Rekening Keluarga mampu memperkaya pengalaman bertransaksi digital pengguna hingga mendorong masyarakat nontunai yang melek keuangan nantinya,” ujarnya, Senin (27/11).

Menurut dia, pada fitur terbaru ini, pengguna yang telah memiliki akun DANA Premium dapat mengundang lima anggota keluarga lainnya untuk menjadi anggota Rekening Keluarga. Selanjutnya, para anggota dapat melakukan transaksi digital seperti Kirim Uang dengan persetujuan pengelola akun yang memiliki akun DANA Premium.

Fitur Rekening Keluarga dari DANA juga memiliki fleksibilitas yang memungkinkan fitur ini digunakan dan dimanfaatkan oleh siapapun di luar anggota keluarga, seperti kerabat, dan beragam rentang usia.

Kepala keluarga yang mengelola akun juga dapat melakukan pengaturan keuangan, sehingga batasan pengeluaran dapat dimonitor antar anggota keluarga. Hal tersebut dapat membantu orang tua memastikan pengeluaran anaknya diatur secara baik.

Pengelola akun hanya butuh menambahkan nomor telepon atau kontak pengguna yang akan dijadikan anggota akun, dan mengalokasikan sejumlah saldo kepada setiap pengguna untuk digunakan. Untuk memastikan keamanan dalam bertransaksi, dibutuhkan persetujuan pengelola apabila anggota akun ingin melakukan transaksi kirim uang.

DANA berkomitmen untuk terus menjadi jembatan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia dengan memperluas akses layanan keuangan bagi masyarakat, terutama dalam melayani kebutuhan transaksi masyarakat underbanked dan unbanked.

Baca juga: Dompet digital DANA raih nilai A dalam Security Score Card

Fitur Rekening Keluarga dari DANA juga memiliki fleksibilitas yang memungkinkan fitur ini digunakan dan dimanfaatkan oleh siapapun di luar anggota keluarga, seperti kerabat, dan beragam rentang usia. Misalnya, fitur Rekening Keluarga dapat digunakan untuk membuka akses dan layanan keuangan digital untuk pekerja di sektor informal yang belum memiliki rekening bank, bahkan hingga menjangkau masyarakat yang belum memiliki KTP.

Dia menambahkan, DANA berkomitmen untuk terus menjadi jembatan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia dengan memperluas akses layanan keuangan bagi masyarakat, terutama dalam melayani kebutuhan transaksi masyarakat underbanked dan unbanked. Untuk itu, DANA dengan kapabilitas teknologinya berupaya terus mendukung penetrasi keuangan di Indonesia.

Baca juga: Transaksi game online lewat platform dompet digital DANA mencapai Rp4,4 triliun

Fitur Rekening Keluarga memungkinkan pengguna DANA untuk mengimplementasikan dan mengajarkan literasi keuangan kepada para anggota akun, terutama dalam pengelolaan keuangan. Implementasi digitalisasi melalui fitur Rekening Keluarga ini juga diharapkan dapat mempercepat tercapainya target inklusi keuangan digital, sehingga terwujud masyarakat nontunai Indonesia yang memiliki tingkat literasi dan inklusi keuangan yang lebih baik.

Adapun Fitur Rekening Keluarga masih akan terus dikembangkan dari berbagai aspek, termasuk jumlah anggota hingga jenis transaksi yang dapat dimanfaatkan para anggota, agar pengguna mendapatkan pengalaman yang menyeluruh. ■

Comments are closed.