MDI Ventures danai fintech Tanah Air

- 13 November 2023 - 18:20

MDI Ventures sebuah modal ventura milik Telkom Group sudah mengantongi beberapa portofolio ke beberapa perusahaan fintech di Tanah Air.

VP Corporate Communication Telkom, Andri Herawan Sasoko menyampaikan pihaknya telah berinvestasi di beberapa fintech di antaranya Kredivo, Amartha, Koinworks, OY dan Qoala.“Portfolio MDI di bidang fintech memiliki performansi yang sangat baik, meskipun dunia investasi masih dalam kondisi winter. Hal ini didorong oleh kebutuhan kredit mikro menengah yang masih baik,” ujarnya.

Baca Juga: Perkuat perlindungan konsumen dan pembiayan produktif, OJK luncurkan roadmad fintech P2P lending 2023-2028

Andri mengungkapkan bahwa sejauh ini portofolio fintech MDI Ventures sangat beragam terlihat dari beberapa startup fintech yang telah disebutkan di atas.

“Sejauh ini portofolio fintech MDI sangat beragam, seperti Kredivo, Amartha Koinworks dan OY di bidang instant credit loan dan pinjaman UMKM, serta Qoala di bidang asuransi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Andri menambahkan, ke depannya MDI Ventures akan fokus pada pendanaan di bidang healthtech dan agritech.

Memang, pendanaan yang dilakukan industri modal ventura (venture capital) masih didominasi untuk keberlangsungan perusahaan fintech lending di Tanah Air yang ditaksir nilainya mencapai ratusan miliar rupiah.

Ambil contoh, PT Akselerasi Usaha Usaha Indonesia Tbk atau Akseleran, sejak berdiri tahun 2017 total investasi yang didapat perusahaan mencapai US$ 15 juta atau sekitar Rp 235,03 miliar.

Baca Juga: OJK targetkan 70% perusahaan fintech P2P lending salurkan pembiayaan ke sektor produktif pada 2028

“Sumber dana kami kebanyakan dari venture capital di antaranya Beenext, Digital Garage Venture, Access Venture, Agaeti Venture, ada juga CCV venture capitalnya Bank BCA,” ujar Group CEO Akseleran, Ivan Nikolas Tambunan beberapa waktu lalu.  ■

Comments are closed.