Bank OCBC NISP ganti nama merek dan logo perusahaan

- 14 November 2023 - 15:29

BANK OCBC NISP hari ini, 14 November 2023, secara resmi mengumumkan pergantian nama merek dan logo perusahaan menjadi “OCBC”. Begitu pula dengan Bank OCBC NISP Syariah yang berubah namanya menjadi “OCBC Syariah”.

Presiden Direktur OCBC Indonesia, Parwati Surjaudaja, mengatakan perubahan ini merupakan bagian dari proses transformasi untuk mendorong perbankan naik level dan tumbuh secara berkelanjutan.

“Sebagai bagian dari OCBC Group, kami berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia, serta membantu masyarakat mencapai aspirasi keuangan mereka di ASEAN, Greater China, dan sekitarnya,” ujarnya di Jakarta, Selasa (14/11).

Menurut dia, perubahan nama merek dan logo ini tidak mempengaruhi nama legal Bank yaitu PT Bank OCBC NISP Tbk. Sebelumnya, perubahan serupa telah diumumkan di Singapura, Malaysia, Hong Kong, dan Macau pada 3 Juli 2023 lalu.

Baca juga: Kinerja solid, Bank OCBC NISP bukukan aset Rp247 triliun dan kantongi laba Rp3 triliun

Ada pun sejumlah perbedaan antara OCBC NISP dengan OCBC sejak pergantian logo dan merek ini, antara lain:

  1. Merek dan logo bank: OCBC NISP menjadi OCBC.
  2. Nama dan logo bank unit usaha syariah: Bank OCBC NISP Syariah menjadi OCBC Syariah.
  3. Nama merek turunan:
  • OCBC NISP VENTURA menjadi OCBC Ventura.
  • OCBC NISP Syariah menjadi OCBC Syariah.
  • OCBC NISP Premier Banking menjadi OCBC Premier Banking.
  • OCBC NISP Private Banking menjadi OCBC Private Bank.
  • OCBC NISP Corporate Banking menjadi OCBC Corporate Banking.
  • NYALA OCBC NISP menjadi NYALA OCBC.
  • NYALA Bisnis OCBC NISP menjadi NYALA Bisnis OCBC.

Dalam kesempatan yang sama, Group Chief Executive Officer of OCBC, Helen Wong mengatakan pada Desember mendatang, China akan menjadi negara terakhir yang melakukan perubahan merek dan logo tersebut.

“Di tengah ketegangan geopolitik dan kondisi ekonomi yang tidak stabil, sektor perdagangan dan investasi di seluruh ASEAN dan China masih memiliki peluang yang besar, bahkan terus meningkat. Kami optimistis dengan pertumbuhan ekonomi jangka panjang Indonesia, oleh karenanya, kami akan terus berinvestasi di negara ini, demi mendukung kebutuhan dan membantu mewujudkan aspirasi nasabah, untuk terus bersama, melaju jauh,” katanya.

Baca juga: Lengkapi kebutuhan nasabah, unit syariah Bank OCBC NISP luncurkan tiga produk

Lebih lanjut, perubahan ini juga lebih meningkatkan akses untuk memanfaatkan berbagai kekuatan dan sumber daya dari OCBC Group. “Dengan begitu, OCBC dapat menawarkan berbagai pilihan produk dan layanan perbankan maupun nonperbankan yang lebih luas kepada nasabah, dengan akses ke pasar regional dan global,” tutur Helen.

Sebagai informasi, logo OCBC Indonesia terakhir kali diperbaharui pada 2008, di mana saat itu OCBC Bank menjadi pemegang saham mayoritas.

Per hari ini pula, OCBC juga meluncurkan Business Fitness Index, sebuah riset yang dilakukan untuk mengukur kesehatan finansial dari suatu usaha baik Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Selain itu, bank juga meluncurkan tabungan emas digital perbankan pertama di Indonesia. ■

Comments are closed.