BSI gandeng LPEI kembangkan ekspor lewat pembiayaan berbasis syariah

Share post:

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menjalin kerja sama dengan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), yang dituangkan dalam bentuk penandatanganan nota kesepahaman mengenai penyediaan dan pemanfaatan layanan dan produk perbankan syariah.

digitalbank.id – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menjalin kerja sama dengan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), yang dituangkan dalam bentuk penandatanganan nota kesepahaman mengenai penyediaan dan pemanfaatan layanan dan produk perbankan syariah.

Dengan adanya kerja sama ini, BSI berharap bisa menjadi partner LPEI untuk pengembangan ekspor melalui pembiayaan berbasis syariah, pendanaan, maupun transaksi digital. BSI dan LPEI juga melakukan perjanjian kerja sama akad pembiayaan wholesale senilai Rp3 Triliun yang akan digunakan untuk pengembangan bisnis LPEI.

BSI siap mendukung bisnis syariah LPEI untuk percepatan dan transformasi transaksi ekspor. Mulai dari layanan transaction banking termasuk cash management, virtual account, trade services, penerimaan devisa hasil ekspor (DHE), serta layanan ritel lainnya. Dengan demikian, dapat memudahkan single access bagi nasabah LPEI untuk bertransaksi dengan cepat, aman, dan sesuai prinsip syariah.

Baca juga: Wapres: Secara strategi bisnis, BSI menjadi BUMN harus menguntungkan dan maslahat bagi negara dan masyarakat

Direktur Utama BSI Hery Gunardi menyampaikan bahwa BSI mendukung potensi industri halal sebagai segmen yang harus terus dikembangkan, terutama dari sisi ekspor yang memberikan kontribusi besar bagi penerimaan negara. “Dengan adanya kerja sama ini, kami berharap dapat mendukung peran LPEI dalam transaksi ekspor nasional,” katanya dalam siaran pers, Kamis (31/3).

Pada kesempatan itu juga dilakukan perjanjian kerja sama akad pembiayaan wholesale senilai Rp 3 triliun yang akan digunakan untuk pengembangan bisnis LPEI. Sebagai gambaran per Desember 2021, kinerja pembiayaan BSI tumbuh positif sebesar 9,32% secara year on year. Maka dengan adanya kerja sama ini diharapkan mampu mendorong pertumbuhan bisnis dari seluruh aspek terutama peningkatan kualitas ekspor Indonesia.

Baca juga: Langkah BSI menjadi bank BUMN

Sementara itu, Direktur Eksekutif LPEI Rijani Tirtoso berharap bahwa kerja sama dengan BSI dapat semakin mendukung LPEI dalam menjalankan perannya sebagai Special Mission Vehicle Kementerian Keuangan RI, dalam meningkatkan ekspor nasional. Pihaknya juga optimistis BSI akan mendukung LPEI dalam mengoptimalkan pembiayaan ekspor khususnya di sektor syariah. (HAN)

Related articles

Reku kukuhkan posisinya sebagai market leader di ekosistem kripto

digitalbank.id - Pedagang aset kripto Reku mengumumkan keberhasilannya dalam menjangkau pengguna yang tersebar di 500 kota di Indonesia....

OJK panggil pengelola Adakami

digitalbank.id - INKLUSI dan literasi keuangan terus menghadapi cobaan. Kali ini menimpa layanan fintech Adakami. Otoritas Jasa Keuangan...

OJK keluarkan POJK baru tentang Penerapan Tata Kelola Bank Umum, ini rinciannya…

digitalbank.id - OTORITAS Jasa Keuangan (OJK) baru mengeluarkan peraturan bertajuk Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 17 Tahun...

blu by BCA Digital gandeng Talenta Nusantara untuk berdayakan pendidikan vokasi

digitalbank.id - DATA Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, menunjukkan bahwa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan), masih menghadapi tantangan...