Potensi perputaran uang capai Rp9 triliun, BRI kembali sponsori Liga 1 2023/2024

- 27 Juni 2023 - 23:34

digitalbank.id – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali menjadi sponsor utama kompetisi sepak bola Liga 1 musim 2023-2024.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, alasan utama BRI kembali menjadi sponsor adalah untuk menciptakan economic value dan social value. Sepak bola juga dinilai sebagai olahraga rakyat yang paling digemari di Indonesia bahkan dunia. Hal ini sesuai dengan profil BRI yang memiliki keinginan untuk melayani masyarakat luas dari berbagai segmen yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Kami menilai kompetisi BRI Liga 1 menjadi sarana yang efektif dan efisien untuk meningkatkan exposure layanan dan produk BRI, terutama super apps digital banking yang menjadi andalan BRI yakni BRImo,” ujarnya awal pekan ini.

Menurut riset dari Nielsen, tahun 2022 indeks brand awareness BRI meningkat dari 83 pada tahun 2021 menjadi 85 di tahun 2022. Angka ini merupakan angka tertinggi pada 5 tahun terakhir. Demikian halnya indeks brand awareness BRImo yang meningkat dari 59 menjadi 61 di tahun 2022.

Sementara menurut survei dari LPEM Universitas Indonesia tahun 2020, perputaran ekonomi dari kompetisi Liga 1 diproyeksikan dapat menciptakan perputaran uang antara Rp2,7 hingga Rp3 triliun dalam satu tahun.

Namun berdasarkan hasil riset terbaru yang dilakukan oleh BRI Research Institute pada Juni 2023, penyelenggaraan BRI Liga 1 berpotensi menciptakan perputaran uang yang jauh lebih besar bagi perekonomian Indonesia, yakni mencapai Rp9 Triliun.

“Dari perputaran uang tersebut, dapat tercipta nilai tambah ekonomi sebesar Rp 4,8 triliun, tambahan pendapatan rumah tangga pekerja sebesar Rp 1,8 triliun, potensi pendapatan pajak tidak langsung bagi pemerintah sebesar Rp 721 miliar, serta penciptaan kesempatan kerja sekitar 44.000,” jelas Sunarso.

BRI berharap berjalannya kompetisi BRI Liga 1 dapat memberi dampak positif terhadap iklim kompetisi sepak bola nasional, sehingga liga ini dapat mencetak talenta-talenta muda berbakat yang akan mendorong prestasi sepak bola Indonesia di panggung global.

“Seperti yang kita rasakan bersama, euforia keberhasilan Timnas sepak bola U-22 membawa pulang medali emas SEA GAMES Kamboja tidak lepas dari bergulirnya kompetisi BRI Liga 1,” demikian Sunarso. ■

Comments are closed.