Terindikasi serangan sìber, layanan cabang, ATM dan mobile banking BSI sudah kembali normal

- 11 Mei 2023 - 18:48

digitalbank.id – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mengumumkan layanan perbankan yang meliputi layanan di kantor cabang, mesin anjungan tunai mandiri (ATM) dan mobile banking hari ini sudah kembali normal.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan proses normalisasi layanan BSI memprioritaskan dana dan data nasabah tetap aman.

“Hari ini layanan kantor cabang, ATM dan mobile banking BSI sudah kembali normal dan dapat digunakan oleh para nasabah untuk melakukan transaksi,” katanya, kamis (11/5).

Menurut dia, terkait adanya dugaan serangan siber, pihaknya menemukan indikasi adanya serangan siber sehingga perseroan perlu melakukan temporary switch off beberapa channel untuk memastikan keamanan sistem.

“Pada dasarnya perlu pembuktian lebih lanjut melalui audit dan digital forensik untuk memastikan serangan siber ini,” ujarnya.

Dalam proses normalisasi layanan, tim teknologi informasi (IT) BSI bekerja sama dengan tim IT Bank Mandiri dan berkoordinasi secara intens dengan berbagai pihak terkait, baik regulator maupun lembaga pemerintah.

Dikatakannya, dalam keseluruhan proses yang berlangsung, BSI terus memastikan kepada nasabah dan stakeholders bahwa data dan dana nasabah berada dalam kondisi baik dan aman.

“Atas nama Bank Syariah Indonesia, kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan nasabah karena adanya kendala dalam mengakses layanan BSI,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan BSI melakukan peningkatan kapasitas agar core banking dan critical channel bisa kembali dipulihkan dengan cepat dan stabil sehingga layanan kepada nasabah dapat sepenuhnya normal.

Sebelumnya, Minggu (7/5), BSI melakukan mitigasi risiko di sistem IT milik perseroan dengan melakukan maintenance atau pemeliharaan. Sehari setelah itu, nasabah mengalami kendala dalam mengakses layanan BSI menyusul proses maintenance sistem yang dilakukan.

BSI secara intens melakukan normalisasi layanan secara bertahap. Pada Selasa, (9/5), nasabah telah bisa melakukan transaksi di jaringan cabang dan ATM BSI yang tersebar di seluruh Indonesia. Malam harinya, secara bertahap layanan BSI Mobile sudah dapat diakses oleh nasabah dengan fitur-fitur basic.

“Nah hari ini BSI Mobile sudah dapat digunakan untuk bertransaksi oleh nnasabah dengan fitur yang lebih lengkap,” katanya. ■

Comments are closed.