Hampir 100% rekening masyarakat di Indonesia dijamin LPS, bunga penjaminan tetap di 3,5%

- 29 Januari 2022 - 08:20

Desember 2021 jumlah rekening yang dijamin mencapai 385.998.702 rekening atau setara dengan 99,92 persen dari total rekening masyarakat di Indonesia atau hampir 100%.

digitalbank.id – Sebanyak 385.998.702 rekening yang ada di masyarakat atau 99,92% alias hampir 100% dari total rekening yang ada sudah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Sementara tingkat bunga penjaminan untuk simpanan rupiah di bank umum tetap dipertahankan di angka 3,5%, valuta asing 0,2% dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) sebesar 6%.

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan, dari jumlah penjaminan oleh LPS itu, cakupan simpanan perbankan dari rekening maupun nominal masih terjaga di level yang memadai. Dari hasil Rapat Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), demikian Purbaya, ditetapkan untuk mempertahankan tingkat bunga penjaminan untuk simpanan rupiah di bank umum dan BPR serta untuk simpanan dalam valuta asing di bank umum.

Baca juga: Bunga simpanan tinggi, kenapa tidak?

“Bank umum tingkat bunga penjaminan rupiah 3,5%, valuta asing 0,2%. Lalu untuk Bank Perkreditan Rakyat (BPR) 6%. Tingkat bunga penjaminan tersebut berlaku 29 Januari 2022 sampai dengan 27 Mei 2022,” kata Purbaya dalam konferensi pers, Jumat (28/1/).

Menurut dia, penetapan bunga penjaminan ini juga telah mempertimbangkan dinamika pergerakan suku bunga pasar yang cenderung sudah turun terbatas dan potensial untuk meningkat. Serta memperhatikan perkembangan berbagai faktor dari aspek perekonomian, kinerja perbankan, pasar keuangan, mandat cakupan penjaminan dan prospek likuiditas ke depan.

Baca juga: Customer experience dan risiko kejahatan di bank digital

“Tingkat bunga penjaminan tetap terbuka dievaluasi di luar periode yang telah ditentukan tersebut dalam hal terdapat perkembangan dan perubahan kondisi perekonomian dan perbankan yang signifikan,” jelas dia.

LPS menetapkan suku bunga penjaminan 3 kali dalam satu tahun yaitu Januari, Mei dan September. Kecuali terjadi perubahan pada kondisi perekonomian. Sesuai dengan ketentuan yang berlaku kami kembali menyampaikan bahwa dalam hal suku bunga simpanan yang diperjanjikan antara bank dengan nasabah penyimpan berada di atas tingkat bunga penjaminan simpanan yang berlaku.

Baca juga: Belajar dari DBS Bank Singapura: Karena aplikasi malfungsi, reputasi bank digital jadi taruhan

Dia juga menambahkan, per Desember 2021 jumlah rekening yang dijamin mencapai 385.998.702 rekening atau setara dengan 99,92 persen dari total rekening masyarakat di Indonesia atau hampir 100%. (HAN)

 

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.