Nilai ekonomi metaverse capai US$5 triliun di 2030, tapi fokus perbankan terus turun

- 12 Oktober 2023 - 17:01

METAVERSE DIDEFINISIKAN sebagai pengalaman mendalam dari lingkungan yang dapat dioperasikan dan saling terkait yang akan disampaikan melalui berbagai perangkat. Metaverse dibangun secara bertahap dalam platform terdesentralisasi yang menempatkan pengalaman 3D di atas World Wide Web. Bahkan konsultan manajemen McKinsey & Company memperkirakan ekonomi metaverse dapat mencapai US$5 triliun pada 2030 mendatang.

Namun, belum lama ini, Hexaware Mobiquity, divisi layanan digital dari penyedia layanan India Hexaware, mewawancarai 600 eksekutif senior perbankan di Amerika Serikat, Inggris, Belanda, dan Australia mengenai prioritas teknologi yang diadopsi para petinggi perbankan tersebut.

Baca juga: DBS Bank luncurkan DBS Betterworld di SandBox, permainan metaverse untuk mengatasi limbah makanan global

Menurut laporan tersebut, seperti dikutip computerweekly.com, sebanyak 38% eksekutif perbankan Inggris “terlibat dengan teknologi metaverse” tahun ini dibandingkan dengan 56% tahun lalu.
Namun menurut laporan Hexaware Mobiquity, terdapat penurunan yang lebih signifikan dalam keterlibatan dengan teknologi metaverse di kalangan eksekutif di AS, di mana 75% terlibat dengan metaverse pada tahun 2022 dan hanya 36% pada tahun ini.

Di Belanda, bank juga mengurangi fokus mereka pada metaverse, dengan 38% bank terlibat dengan teknologi tersebut pada tahun ini dibandingkan dengan 48% pada tahun sebelumnya. Di Australia, fokus pada metaverse tahun ini tetap sama seperti tahun lalu, dengan 55% eksekutif sibuk dengan teknologi.

Keamanan dunia maya merupakan bidang fokus teknologi utama bagi para eksekutif senior bank di seluruh negara yang disurvei, dengan 21% menyatakan hal tersebut sebagai prioritas utama. Disusul kemudian oleh machine learning sebesar 20%.

Baca juga: HSBC luncurkan galeri metaverse untuk mendukung seniman lokal

“Di era dengan inovasi yang begitu pesat, keberhasilan integrasi strategis dari teknologi-teknologi baru dan alat-alat digital tidak diragukan lagi akan menjadi faktor penentu bagi bank-bank yang berupaya mempertahankan keunggulan kompetitif dan meningkatkan operasional,” kata Peter-Jan van de Venn, Vice President Global Digital Banking Hexaware Mobiquity.

Teknologi metaverse, kata dia, akan memainkan peran penting dalam membentuk kembali pengalaman pelanggan dan strategi operasional di tahun-tahun mendatang.

Baca juga: Lengkapi platform digitalnya, BTN usung konsep metaverse di HUT KPR ke-46

Laporan tersebut menambahkan bahwa teknologi keamanan siber dalam metaverse menjadi hal terpenting yang diperhatikan industri perbankan, mengingat meningkatnya ancaman yang ditimbulkan oleh penjahat siber. ■

Comments are closed.