Sasar gaya hidup masyarakat urban, Bank Mandiri gandeng Kredivo dan krediFazz siapkan kredit Rp1 triliun

- 5 Juli 2023 - 16:50

digitalbank.id – Sebagai salah satu upaya menjangkau masyarakat perkotaan (urban), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) menggandeng PT Kredivo Finance Indonesia atau Kredivo dan penyelenggara fintech p2p lending KrediFazz untuk menyalurkan kredit dengan skema channeling senilai Rp1 triliun.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan, kolaborasi bersama Kredivo dan KrediFazz sejalan dengan strategi bisnis Bank Mandiri untuk menghadirkan solusi kebutuhan finansial khususnya untuk masyarakat perkotaan.

Bank Mandiri, kata dia, akan terus melakukan pengembangan bisnis, salah satunya untuk menjadi urban locomotive.

“Bank Mandiri akan masuk ke sirkel ekosistem masyarakat perkotaan yang dapat memenuhi kebutuhan gaya hidup (lifestyle) masyarakat,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (5/7).

Mengenai Kolaborasi dengan Kredivo dan krediFazz, Direktur Jaringan dan Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto mengatakan, kolaborasi tersebut diharapkan dapat menjawab kebutuhan perbankan dalam memperluas inklusi keuangan, khususnya kepada masyarakat underbanked atau yang sulit dijangkau dengan produk kredit perbankan.

Kredivo sendiri merupakan mitra fintech pinjaman konsumtif pertama Bank Mandiri.

“Kami melihat Kredivo memiliki prospek bisnis yang cerah, dan fundamental bisnis yang kuat. Kolaborasi ini merupakan bentuk upaya kami untuk mendiversifikasi pinjaman kami dan melayani masyarakat underbanked dengan menyediakan akses ke pembiayaan digital untuk memenuhi kebutuhan mereka,” ujar Aquarius.

Penyaluran fasilitas channeling oleh Bank Mandiri tersebut merupakan penyaluran pertama yang diterima oleh Kredivo dari bank milik BUMN. Menandai tonggak penting bagi semua pihak dalam memberikan akses kredit yang fleksibel, aman, dan terjangkau ke seluruh masyarakat di Indonesia yang selaras dengan laju pertumbuhan ekonomi.

Bagi Bank Mandiri, kolaborasi dengan fintech juga menjadi strategi dalam transformasi digital agar mampu menciptakan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Tercatat, sampai dengan akhir Maret 2023 Bank Mandiri telah menyalurkan kredit kepada perusahaan fintech sebesar Rp 2,52 triliun dan merambah lebih dari 186 ribu peminjam di seluruh Indonesia.

“Kami optimis dengan adanya kolaborasi bersama Kredivo, dapat membantu Bank Mandiri memberikan pelayanan yang terbaik dan menjangkau lebih banyak masyarakat. Tentunya dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian,” jelas Aquarius.

Sementara itu, CEO Kredivo Indonesia Umang Rustagi mengungkapkan bahwa pihaknya sangat senang atas kerja sama yang terjalin dengan Bank Mandiri, salah satu bank BUMN terbesar di Indonesia.

Investasi perusahaan pada teknologi telah membuktikan kapabilitas dan kredibilitas untuk menjadi mitra channeling dari Bank Mandiri.

“Kerja sama ini bukan hanya menandai pencapaian yang baik bagi kami, tetapi juga memotivasi kami untuk terus mempertahankan kinerja dan berkembang menjadi platform kredit digital yang semakin terpercaya untuk pengguna kami dan seluruh stakeholders. Selain itu, kerja sama ini juga semakin mendekatkan Kredivo mencapai target untuk melayani puluhan juta pengguna beberapa tahun ke depan,” demikian Umang.

Dia menambahkan, pihaknya terus berinovasi secara aktif untuk memberikan solusi kredit digital yang lebih baik bagi jutaan penggunanya. Salah satu inovasi utama adalah AI-enabled real-time decisioning, yang mampu menganalisis skor kredit calon pengguna, memverifikasi data, dan memprediksi kemungkinan gagal bayar. Inovasi itu juga yang dipercaya menjadikan Kredivo sebagai standar mengenai kecanggihan sistem manajemen risiko di industri.■

Foto: Ilustrasi/Freepik

Comments are closed.