Taspen TOOS menangkan penghargaan di ajang KIPP, apa kehebatannya?

- 21 November 2023 - 21:08

PT DANA TABUNGAN DAN ASURANSI PEGAWAI NEGERI (Persero) atau biasa dikenal dengan Taspen, menjadi satu-satunya BUMN yang meraih penghargaan TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2023 untuk program TOOS (TASPEN One Hour Online Service) pada ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpanrb).

Direktur Operasional Taspen Ariyandi mengatakan, Taspen TOOS merupakan layanan satu pintu untuk pengajuan klaim dan non-klaim secara online bagi para peserta, sehingga dapat mereplikasikan fungsi layanan pada kantor cabang Taspen.

“Semoga penghargaan ini menjadi bukti nyata bahwa Taspen jauh lebih baik dalam hal melayani. Sukses untuk kita semua, sukses untuk semua Insan Taspen,” ujarnya saat menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (21/11).

Baca juga: Kinerja moncer Taspen Life, perolehan premi bruto dan laba bersih naik pesat!

Menurut dia, Taspen berkomitmen meningkatkan inovasi produk dan layanan yang dibutuhkan peserta, serta menggunakan teknologi terkini. Taspen TOOS merupakan layanan satu pintu TASPEN yang dapat diakses melalui beragam perangkat dan dilakukan secara online. Selain itu, Aplikasi TOOS menghadirkan proses klaim maupun non-klaim yang cepat.

Seluruh proses klaim maupun non-klaim melalui aplikasi TOOS memakan waktu maksimal satu jam, hal ini dikarenakan data peserta sudah terintegrasi langsung dengan pihak-pihak terkait, antara lain pemerintah daerah; dinas kependudukan dan pencatatan sipil; BKN; Sekretariat Negara Republik Indonesia; Kementerian Keuangan; Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN); Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi; dan seluruh mitra bayar TASPEN.

Baca juga: MotionBanking jadi aplikasi digital pertama untuk pembayaran manfaat peserta Taspen

Adapun penilaian penghargaan ini berdasarkan seluruh upaya program dan layanan inovatif bagi masyarakat dan diikuti oleh instansi pemerintah dan perusahaan BUMN. ■

Comments are closed.