Sinosoft dan insurtech di Indonesia

- 11 November 2023 - 18:56

BEROPERASINYA Whoosh — kereta cepat indonesia – adalah sebuah cerita sukses penerapan teknologi canggih China High Speed Train (CHSR). Mulai dibangun pada 26 Januari 2016 dan selesai pada September 2023. Ini adalah kereta cepat pertama di Asia Tenggara. Memiliki kecepatan maksimun 350 km/jam menjadikan Whoosh (waktu hemat, operasi optimal, sistem handal) sebagai kereta tercepat dan terbaik di dunia, lebih baik daripada yang ada di Jepang, Jerman maupun Perancis.

Kini, CHSR telah memiliki 38.000 km jaringan kereta cepat pada 2020, 42.000 km pada 2022 sekaligus menjadikan  CHSR sebagai tercepat, terluas dan terbanyak dipakai di dunia. Tak sampai di sini, CHSR terus melalukan riset pengembangan teknologinya sehingga diharapkan pada tahun 2035 jaringan kereta cepat ini bisa mencapai lebih dari 70.000 km dan tercapai dengan target kecepatan spektakuler yakni 600 km/jam!

Cerita sukses lain adalah adalah pengembangan mobil listrik. Hanya dalam waktu 4 tahun, mobil listrik China sudah terjual 20 juta unit di pasar dalam negeri. Adapun untuk pasar internasional, China menjadi eksportir mobil terbesar yakni mencapai 5 juta unit menggeser posisi Jepang sebagai eksportir otomotif. 20% diantaranya atau sekitar 2,2 juta unit adalah mobil listrik yang digawangi 5 merek mobil China: BYD, Geely’s Zeekr, Nio, Xpeng dan Wuling. Luarbiasa, kini mobil listrik China menjadi penantang terkuat produsen mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla!  

Baca Juga: Sinosoft gandeng ICION gelar workshop fintech dihadiri lebih dari 120 peserta  

Luarbiasa dan spektakuler apa yang dilakukan China, selalu dengan perencanaan dan strategi yang kuat ditambah pasar lokalnya yang demikian besar, menjadikan setiap industri memiliki kesempatan pengembangan produk yang aspirasional dengan pelanggan lokal maupun internasional, termasuk di industri asuransi yang digawangi oleh Sinosoft.

Sinosoft didirikan pada tahun 1996, adalah perusahaan InsurTech terkemuka yang berfokus pada solusi sistem perusahaan untuk industri asuransi. Dengan pengalaman lebih dari 30 tahun sebagai penyedia sistem asuransi, Sinosoft menjadi pemimpin penyedia solusi asuransi dengan pangsa pasar 90%+ di Cina.

”Sinosoft adalah platform teknologi asuransi mutakhir yang dirancang untuk merevolusi industri asuransi. Rangkaian solusi inovatif yang komprehensif dirancang untuk merampingkan operasi asuransi, meningkatkan evaluasi dan manajemen risiko, dan memberikan pengalaman pelanggan yang tak tertandingi,” ucap Tony Chiu, Technology Consulting Services Director Sinosoft kepada digitalbank.id di sela acara FIRST ICION FINTECH WORKSHOP bertema “Where Expertise Meet Innovation” di Bali 08 – 10 November 2023.

Baca Juga: Indonesian CIO Network akan gelar fintech workshop di Bali

Dengan Sinosoft, menurut Tony, perusahaan asuransi dapat memanfaatkan analisis yang kuat dan wawasan berbasis data untuk membuat keputusan yang tepat. Algoritma canggih Sinosoft memungkinkan penilaian risiko yang akurat, memberdayakan perusahaan asuransi untuk menentukan harga polis secara kompetitif dan mengoptimalkan proses penjaminan. Melalui integrasi tanpa batas dengan sumber data eksternal, Sinosoft memastikan penyedia asuransi memiliki akses ke informasi real-time, memfasilitasi pemrosesan klaim yang efisien dan akurat.

”Platform kami juga memprioritaskan kepuasan pelanggan dengan menawarkan pengalaman yang dipersonalisasi yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pemegang polis,” ujar Timothy Szeto, CTO Sinosoft. Dengan memanfaatkan artificial intelligence dan kemampuan machine learning, Sinosoft memungkinkan perusahaan asuransi untuk terlibat dengan pelanggan dengan cara yang ditargetkan dan proaktif, meningkatkan retensi dan loyalitas pelanggan.

Selain itu, arsitektur Sinosoft yang canggih memastikan skalabilitas dan fleksibilitas, sehingga perusahaan asuransi dapat dengan mudah beradaptasi dengan permintaan pasar yang terus berkembang. “Desain modular kami memfasilitasi integrasi tanpa batas dengan sistem asuransi yang ada, meminimalkan gangguan dan memaksimalkan efisiensi,” tegas Timothy.

Dengan kata lain, Sinosoft menggabungkan langkah-langkah keamanan siber yang kuat untuk melindungi data asuransi yang sensitif dan melindungi dari ancaman digital. Protokol keamanan Sinosoft yang ketat mematuhi praktik terbaik industri, memastikan bahwa perusahaan asuransi dapat dengan percaya diri memanfaatkan platform ini tanpa mengorbankan integritas data.

Singkatnya, Sinosoft adalah solusi teknologi asuransi komprehensif yang memberdayakan perusahaan asuransi untuk mengubah operasi mereka, memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik, dan tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan di industri yang terus berkembang.

Sampai tahun 2022, Sinosoft memiliki sekitar 177 partner perusahaan asuransi atau menguasai 90% pangsa pasar asuransi di Cina. Mencetak 12,5 miliar polis dengan lebih dari 120 miliar transaksi per tahun. Saat ini Sinosoft telah memulai kerjasama dengan BCA Insurance sejak Maret 2023 khusus untuk solusi penerapan IFRS17. Kuartal keempat tahun 2023 ini sudah sampai pada tahap uji coba dan diharapkan pada Januari 2024 BCA Insurance sudah beroperasi dengan dukungan penuh platform Sinosoft.  ■

Comments are closed.