Piyush Gupta, bankir digital paling disruptif di Asia

- 6 November 2023 - 17:33

TAK BERLEBIHAN rasanya bila Reuters pekan lalu menjuluki Piyush Gupta sebagai “Asia’s most disrupted digital banker”, bankir digital paling disruptif di Asia.

Saat menjelaskan kinerja keuangan kuartal III-2023, Piyush Gupta, Chief Executive Office DBS Group Holdings, mengatakan ambruknya layanan DBS Singapura [sebanyak 5 kali gangguan besar tahun 2023 ini] sangatlah mengganggu perusahaan, meskipun DBS mengantongi laba bersih Sin$2,63 miliar (US$1,94 miliar) alias naik 18% dari tahun lalu.

Pada kesempatan itu, dia menjanjikan akan ada banyak perbaikan setelah lima gangguan besar baru-baru ini. Gupta mengatakan bank akan merekrut talenta teknologi baru untuk memperkuat sistemnya dan membuat jaringannya lebih fleksibel.

Meskipun bank berhasil mendapatkan keuntungan berlimpah, kata dia, ambruknya layanan DBS Singapura mencerminkan gagalnya bank digital.

Baca juga: Potensi bisnis wealth management cukup besar, DBS Indonesia bidik pertumbuhan di atas 20%

“DBS gagal memastikan bahwa layanan perbankan akan tetap baik,” katanya. Dan, Gupta berjanji untuk melakukan yang lebih baik. “Ini merupakan kuartal yang penuh tantangan dari sudut pandang teknologi, dan oleh karena itu merupakan hal yang menyegarkan untuk dapat mencatat bahwa bisnis itu sendiri sebenarnya cukup kuat. Kami tidak bangga dengan hal ini – pelanggan kami mengharapkan dan berhak mendapatkan yang lebih baik,” tuturnya.

Gupta mengakui, DBS telah berhasil memanfaatkan era kenaikan suku bunga untuk membukukan keuntungan yang luar biasa. Namun, kata dia, hal yang belum begitu baik adalah kinerjanya dalam menjaga konsistensi layanan perbankan digitalnya, dengan berbagai gangguan yang menyebabkan nasabah kesulitan dalam mengakses aplikasi seluler atau menggunakan kartu.

Dia mengatakan beberapa masalah berasal dari gangguan pada jaringan perbankan digital DBS, dan ia yakin bahwa masalah yang teridentifikasi dapat diperbaiki.

Baca juga: DBS Bank luncurkan DBS Betterworld di SandBox, permainan metaverse untuk mengatasi limbah makanan global

“Sulit untuk memahami mengapa saat ini terdapat lebih banyak bug dibandingkan di masa lalu,” katanya.

Lantas apa yang akan dilakukan DBS? Gupta mengatakan DBS akan merekrut talenta teknologi baru untuk memperkuat sistemnya dalam beberapa bulan mendatang, serta memisahkan beberapa hubungan dalam jaringannya sehingga jika satu sistem pembayaran mati, sistem pembayaran lainnya akan tetap tersedia.

Atas ambruknya sistem milik DBS, bank ini mendapat tekanan dari regulator keuangan di negara asalnya untuk membereskan masalahnya. Otoritas Moneter Singapura (MAS) pada awal bulan ini memberlakukan “jeda” enam bulan pada DBS yang sangat membatasi bisnis bank ini. DBS tidak dapat mengakuisisi usaha bisnis baru atau mengurangi cabang dan jaringan mesin kasnya di Singapura.

“DBS harus mengambil langkah-langkah segera untuk memastikan keandalan layanan sambil terus berinvestasi dalam upaya jangka panjang untuk meningkatkan ketahanan operasionalnya,” kata Ho Hern Shin, wakil direktur pelaksana pengawasan keuangan MAS.

Baca juga: DBS dan Manulife luncurkan produk asuransi dengan fitur warisan MiWISE, apa keunggulannya?

Gupta melihat dampak dari langkah regulator ini kecil, dan mengatakan bahwa bank tersebut tidak memiliki kesepakatan untuk beberapa bulan mendatang.

“Apa yang harus kami lakukan adalah menunda beberapa fitur produk lainnya – produk baru, layanan baru,” katanya. “Ini memberi kita waktu enam bulan untuk melakukan konsolidasi, dan itu sebenarnya hal yang baik,” katanya.

Hal ini tentu saja melemahkan perjuangan Gupta selama satu dekade terakhir terhadap DBS sebagai perusahaan teknologi dan menambah kecaman moneter terhadap bank tersebut. Tapi, inilah hebatnya Gupta sebagai bankir. Dia mengakui kegagalan bank ini dalam memberikan kenyamanan transaksi bagi nasabahnya. Satu hal yang patut diacungi jempol. ■

Foto: McKinsey

Comments are closed.