Total pembiayaan CNAF untuk kendaraan listrik tembus Rp133,1 miliar!

- 29 September 2023 - 08:52
Pada 2020 lalu CNAF telah menerapkan inovasi digital seperti self services termasuk apply kredit dari platform mobile CNAF, tanda tangan digital agar aplikasi kredit nasabah dilakukan tanpa kertas dan tanda tangan basah dan verifikasi berbasis geotagging.

PEMBIAYAAN kendaraan listrik (electric vehicle/EV) mengalami peningkatan yang sangat pesat. Setidaknya ini bisa dilihat antara lain dari peningkatan pembiayaan pada PT CIMB Niaga Auto Finance (CNAF).

Presiden Direktur CNAF, Ristiawan Suherman mengungkapkan dalam menunjang pembiayaan mobil ramah lingkungan, perusahaan memberikan suku bunga atau margin yang lebih murah dari pembiayaan regular bahkan menawarkan suku bunga 0% dengan syarat khusus.

“CNAF juga mengedepankan percepatan proses pengajuan serta dokumen yang sederhana akan membuat pertumbuhan pembiayaan mobil ramah lingkungan dapat semakin meningkat,” ujarnya.

Baca Juga: Pembiayaan syariah CIMB Niaga Auto Finance naik 122%

Ristiawan mengungkapkan, realisasi pembiayaan mobil listrik CNAF sebesar Rp 133,1 miliar per Agustus 2023, tumbuh 210% dibandingkan Agustus 2022 senilai Rp 42,9 miliar.

“Tumbuh signifikan lebih dari dua kali lipat atau 252% apabila dihitung dari jumlah unit, yaitu sampai dengan bulan Agustus 2023 mencapai 352 unit, dibandingkan dengan periode sama di tahun sebelumnya sebanyak 100 unit,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ristiawan menyampaikan, CNAF memiliki beberapa perhatian terhadap kendaraan listrik di antaranya harga kendaraan yang relatif mahal, infrastruktur charging station maupun servis yang masih sangat terbatas.

Baca Juga: CIMB Niaga Finance terbitkan Sukuk Wakalah Bi Al-Istitsmar I sebesar Rp1 triliun

“Dan kekhawatiran atas nilai jual Kendaraan ramah lingkungan yang jatuh karena belum terdapat pasar mobil second,” tandasnya. ■

Comments are closed.