DANA jalin kerja sama dengan Jalin perluas interkoneksi layanan keuangan digital

- 1 Mei 2024 - 08:03

PT Espay Debit Indonesia Koe (DANA) menjalin kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin), subholding BUMN Danareksa, dalam hal penggunaan teknologi pemroses pembayaran (switching) berbasis Quick Response Indonesia Standard (QRIS) dalam layanan jaringan Link.

Vince Iswara, CEO & Co-Founder DANA, dalam keterangannya mengatakan kerja sama keduanya akan mendukung perluasan interkoneksi layanan keuangan digital kepada masyarakat.

“Kami percaya kemitraan yang terus kami lakukan, merupakan gerbang pembuka bagi terciptanya masyarakat Indonesia yang inklusif dan sehat secara finansial. Salah satunya termasuk dengan menggandeng mitra seperti Jalin yang memiliki layanan jaringan Link,” katanya, Selasa (30/4).

Menurut dia, dengan kemitraan ini berbagai fitur dan layanan yang tersedia di dompet digital DANA dapat aman, mudah dan nyaman diakses seluruh masyarakat Indonesia.

Pemerintah terus mendorong peran industri financial technology (fintech) dalam meningkatkan akses terhadap layanan keuangan, terutama bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan, wilayah terpencil, masyarakat berpenghasilan rendah, dan Usaha Mikro Kecil & Menengah (UMKM).

Dengan dukungan kerja sama DANA dan Jalin tersebut, diharapkan masyarakat yang sebelumnya tidak memiliki akses terhadap layanan keuangan dapat memperoleh manfaat yang lebih besar.

Diharapkan pertumbuhan UMKM juga dapat dipercepat melalui akses yang lebih mudah ke pembiayaan melalui layanan keuangan lain yang lebih aman dan efisien, didukung oleh peran fintech serta Penyedia Infrastruktur Sistem Pembayaran (PIP) seperti Jalin.

Sementara itu, Direktur Utama Jalin, Ario Tejo Bayu Aji menyambut baik terjalinnya kerja sama strategis antara DANA dan Jalin. Sebagai salah satu penyedia dompet digital terbesar saat ini, DANA tidak hanya membutuhkan dukungan infrastruktur sistem pembayaran digital yang andal, namun juga inklusif.

”Kami memiliki visi yang serupa dalam membangun ekosistem ekonomi digital yang kuat, di mana tujuan utamanya adalah menjadi penghubung antara masyarakat dengan ekosistem finansial serta non-finansial. Visi ini selaras dengan komitmen kami sebagai The National Digital Highway yang berperan mewujudkan kedaulatan sistem pembayaran dalam negeri bersama dengan DANA,” kata Ario.

Dengan bergabungnya DANA ke dalam jaringan Link sekaligus memperkuat posisinya dalam melakukan penetrasi perluasan layanan ke member Jalin yang lain. ”Lewat interkoneksi ini, DANA dapat memperluas akseptasi layanannya kepada industri keuangan lainnya yang mencakup sektor perbankan, BPD, fintech serta penggunaan QRIS Antarnegara dengan cakupan yang lebih luas” tuturnya.

Comments are closed.