Modalku salurkan pendanaan sebesar Rp55,7 triliun sampai akhir Januari 2024

- 20 Februari 2024 - 13:40

Modalku, salah satu Platform fintech peer to peer (P2P) lending di tanah air, pada 2024 ini mencatat penyaluran pinjaman produktif yang signifikan.

Sebagaimana disampaikan Country Head Indonesia Modalku, Arthur Adisusanto mengatakan Modalku fokus pada sektor produktif sehingga alokasi penyaluran pendanaan perusahaan sudah sejalan dengan target yang ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Hingga akhir Januari 2024, Grup Modalku telah berhasil menyalurkan pendanaan sebesar lebih dari Rp 55,7 triliun kepada lebih dari 5,1 juta total transaksi UMKM di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand dan Vietnam,” ujarnya, Senin (19/2).

Baca Juga: Modalku kolaborasi dengan STACS untuk pelaporan ESG

Arthur menjelaskan, di tahun ini pihaknya menargetkan pertumbuhan penyaluran. Namun, kata dia, pihaknya tidak hanya fokus pada angka saja melainkan dampak yang bisa diberikan kepada pelaku UMKM terhadap perkembangan bisnisnya.

“Pendanaan ke UMKM tetap menjadi fokus utama penyaluran Modalku. Hingga saat ini, industri UMKM yang paling banyak didanai didominasi oleh sektor perdagangan, baik grosir dan eceran, termasuk pengusaha online sebesar 54%. Kemudian diikuti dengan sektor jasa, termasuk industri pengolahan, konstruksi, serta pengangkutan dan pergudangan,” jelasnya.

Berdasarkan roadmap OJK tahun 2023-2028 tentang industri Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (LPBBTI) menyebut, penyelenggara ditargetkan menyalurkan 70% pembiayaan ke sektor produktif, 30% ke sektor konsumtif. Saat ini, penyaluran pembiayaan pinjol masih didominasi sektor konsumtif dengan porsi 70%. ■

Comments are closed.