Tren transaksi digital terus meningkat, 98% nasabah CIMB Niaga manfaatkan platform digital

- 4 September 2023 - 09:59
OCTO Mobile

digitalbank.idPT Bank CIMB Niaga Tbk. (BNGA) mengungkapkan, hingga akhir Juni 2023 lalu sebanyak 98% transaksi perbankan di bank ini telah menggunakan transaksi digital.

Head of Digital Banking, Brancless & Partnership CIMB Niaga Lusiana Saleh bilang, penigkatan itu didorong dari volume layanan mobile banking, yakni OCTO Mobile dan internet banking OCTO Clicks yang meningkat pesat menyentuh 92% secara tahunan (year-on-year/yoy).

“Peningkatan itu menunjukkan antusiasme nasabah yang makin tinggi dalam memanfaatkan fitur digital, mulai dari pembukaan deposito, pengajuan cicilan kartu kredit hingga pembukaan tabungan,” ujarnya dalam Press Conference Digital Lounge CIMB Niaga di Jakarta, akhir pekan lalu.

Baca juga: CIMB Niaga canangkan strategi pertumbuhan bisnisnya hingga 2030

Menurut dia, CIMB Niaga bakal meng-encourage nasabah untuk pindah ke transaksi digital, misal melalui OCTO Mobiles, OCTO Clicks bahkan OCTO Pay. “Tapi, ingat ya transaksi konvensional masih ada, karena segmen-segmen tertentu masih memerlukan itu,” ujarnya.

Untuk memuluskan ke arah sana, pihaknya terus menggenjot layanan perbankan secara mandiri (self service) dan one stop services melalui CIMB Niaga Digital Lounge, yaitu kantor cabang berkonsep digital.

Menurutnya, ini menjadi bagian dari customer experience sekaligus edukasi terhadap layanan perbankan. Caranya, melalui berbagai aktivitas yang intinya mengajak masyarakat untuk memanfaatkan kemudahan layanan perbankan di CIMB Niaga Digital Lounge mulai dari pembukaan rekening tabungan melalui mesin Self Service Banking hanya dalam waktu 5 menit, video banking untuk beragam transaksi, Tarik Setor Tunai, TV Interaktif, dan berbagai layanan lain yang dapat dilakukan secara mandiri.

Baca juga: Bank CIMB Niaga segera luncurkan produk paylater

Meski konsep kantor cabang digital yang diperkenalkan CIMB Niaga sejak tahun 2013, namun pihaknya terus melakukan ekspansi. Tercatat, CIMB Niaga Digital Lounge telah tersebar luas di 29 mall, 2 perkantoran, dan lima universitas yang berada di berbagai kota besar di Indonesia.

“Saat ini sudah ada 36, targetnya kami akan membuka dua wilayah lagi di 2023. Satu di Makassar, dan satunya di Bekasi,” ujar Lusi.

Lebih lanjut, sebagai salah satu pelopor layanan kantor cabang digital di mall, CIMB Niaga ingin memberikan nilai tambah kepada masyarakat untuk merasakan pengalaman yang lebih baik saat bertransaksi di Digital Lounge, pihaknya bakal menghadirkan Roadshow CIMB Niaga Digital Lounge Carnival di berbagai CIMB Niaga Digital Lounge, dimulai dari CIMB Niaga Digital Lounge Central Park Mall Jakarta.

Baca juga: CIMB Niaga catatkan laba bersih Rp3,23 triliun sepanjang semester I-2023

“Kegiatan Roadshow CIMB Niaga Digital Lounge Carnival ini sekaligus merupakan persembahan CIMB Niaga kepada seluruh masyarakat dalam rangka ulang tahun ke-68. Berlokasi di Central Park Mall Jakarta, pada 14 Agustus-14 September 2023. Acara yang dikemas unik dan segar ini, terdiri dari serangkaian program yaitu Mini Talkshow, Photo Challenge, dan Digital Lounge Carnival Special Deals,” tambahnya. ■

Comments are closed.