Sabrina besutan BRI raih chatbot bank dengan performa terbaik 2024, bisa apa saja?

- 8 Mei 2024 - 09:50

AWAL MEI ini berita bagus datang dari BRI. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mendapatkan peringkat pertama untuk layanan mobile banking BRImo dalam survei Bank Service Excellence Monitor (BSEM) 2024 oleh lembaga riset MRI bekerja sama dengan Infobank. Sedangkan dan chatbot Sabrina mengantongi predikat sebagai chatbot bank dengan performa terbaik di Indonesia.

Direktur Retail Funding & Distribution BRI Andrijanto, dalam keterangannya mengatakan, BRI senantiasa berupaya menyesuaikan diri dengan kebutuhan layanan keuangan di masyarakat. Pencapaian tersebut menjadi motivasi bagi perseroan untuk terus memberikan layanan yang melebihi harapan nasabah.

“Dinamika perkembangan teknologi perbankan mendorong BRI senantiasa berupaya meningkatkan kualitas layanan baik dari sisi walk in channel maupun digital channel. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan experience nasabah di semua touchpoints,” katanya.

Untuk kategori mobile banking, skor BRI meningkat 2.65 poin dan naik tiga peringkat dari tahun lalu di dalam BSEM. Hal ini menjadikan BRImo sebagai mobile banking terbaik versi penilaian MRI dan menduduki peringkat pertama di tahun 2024.

Sementara untuk kategori chatbot, posisi BRI mengalami peningkatan skor yang signifikan sebesar 16.28 poin dari tahun lalu sehingga menjadikan chatbot Sabrina meraih peringkat pertama di tahun ini.

BRImo menyediakan berbagai layanan keuangan yang dapat diakses nasabah BRI mulai dari tabungan, investasi, asuransi, hingga fasilitas untuk menjadi merchant BRI.

Melalui aplikasi mobile banking tersebut, nasabah juga dimudahkan untuk melakukan investasi mulai dari pembelian emas, surat berharga, dana pensiun, hingga pembukaan deposito.

Hingga Maret 2024, aplikasi BRImo tercatat memiliki 33,35 juta user atau tumbuh sebesar 30,3 persen secara tahunan (year on year/YoY). Pada periode yang sama, jumlah transaksi pada aplikasi BRImo mencapai 969 juta transaksi finansial dengan volume mencapai Rp1.251 triliun atau tumbuh 41,8 persen YoY.

Adapun chatbot Sabrina telah dikembangkan dengan teknologi artificial intelligence (AI) yang lebih human-like untuk berinteraksi dengan nasabah layaknya manusia. Nasabah bisa menyapa dan berbincang dengan Sabrina terkait produk dan layanan BRI mulai dari menyediakan informasi lokasi kantor cabang hingga membantu mengatasi kendala transaksi nasabah.

Selain itu, Sabrina telah menggunakan teknologi large language model (LLM) yang dapat meningkatkan pemahaman berbagai pertanyaan dan situasi yang dihadapi. Dengan begitu, chatbot Sabrina mampu memberikan respon yang semakin presisi dan relevan dengan berbagai bahasa daerah Indonesia seperti bahasa Jawa, Sunda, Padang, dan sebagainya.

Dengan kemampuan multibahasa, akan sangat memudahkan nasabah berkomunikasi dengan Sabrina. Ketika nasabah mengirim pesan kepada Sabrina dengan kata lapar dalam bahasa Sunda “Dahar” ataupun bahasa jawa “luwe”, Sabrina dengan cepat memberikan informasi tentang lokasi merchant terdekat di sekitar nasabah dengan memanfaatkan fitur share location.

Dengan kemampuan multibahasa ini, Sabrina memastikan bahwa setiap nasabah dapat berinteraksi dengan mudah dalam bahasa yang mereka pahami. Serta dapat meningkatkan aksesibilitas dan kenyamanan dalam menggunakan layanan perbankan

Pihak BRI memang punya plan menjadikan Sabrina mirip dengan manusia. Sabrina (Smart BRI New Assistant) yang kala itu diperkenalkan pada 2018. Sabrina merupakan virtual assistant chat yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan nasabah melalui layanan yang cepat, akurat, aman, dan nyaman. Sejak diluncurkan, Sabrina terus diperbarui kemampuannya.

Sabrina kini mampu menjawab pertanyaan, memberikan informasi produk dan layanan, serta membantu nasabah menyelesaikan berbagai transaksi perbankan secara cepat dan efisien.

Uniknya, BRI kini menghadirkan sosok Sabrina layaknya manusia. Dengan bantuan Artificial Intelligence (AI), Keberadaan Sabrina tidak hanya sekadar sebagai alternatif, namun juga sebagai solusi untuk mengatasi antrean dan waktu tunggu panjang saat berkomunikasi dengan frontliner di kantor BRI.

Bersama Sabrina, nasabah tidak perlu lagi khawatir tentang jam kerja atau hari libur, karena Sabrina siap melayani setiap kebutuhan nasabah 24 jam melalui chat WhatsApp di nomor 0812-1214-017.

Lantas, dengan teknologi LLM yang dibenamkan dalam ‘otak’ Sabrina, BRI sampai kini terus meningkatkan pemahaman Sabrina tentang berbagai pertanyaan dan situasi yang ia hadapi, sehingga mampu memberikan respons yang semakin presisi dan relevan. Ini yang menjadikan performa Sabrina dinilai palinv oke dibandingkan chatbot bank lainnya.

Beberpa kemampuan Sabrina a.l.:

  • Memberikan informasi terkait produk BRI (simpanan, pinjaman, kartu, dan lainnya)
  • Memberikan informasi tentang lokasi kantor BRI dan e-channel (ATM) serta Promo BRI seperti informasi lokasi merchant BRI terdekat di sekitar kamu (Cafe, Resto, Supermarket , Hotel, dan lainnya)
  • Memberikan solusi atas permasalahan/keluhan nasabah (seperti akun atau debit terblokir, dan lainnya.
  • Membantu nasabah untuk pembuatan pengaduan atas kendala transaksimu dan tracking status penyelesaian pengaduannya.
  • Mengingatkan nasabah kapan harus melakukan pembayaran tagihan pinjaman, listrik dan pulsa.

Lantas, bagaimana dengan sisi keamanan? Sabrina dilengkapi dengan sistem keamanan yang ketat untuk melindungi informasi dan privasi data nasabah sehingga nasabah dapat berinteraksi dengan Sabrina tanpa khawatir tentang kebocoran data atau penyalahgunaan informasi pribadi. ■

Comments are closed.