Bank BRI luncurkan inovasi fitur transfer luar negeri dalam BRImo

- 6 November 2023 - 21:03

TRANSFER uang ke luar negeri kini tak perlu ribet lagi untuk keperluan nasabah memenuhi berbagai kebutuhan, mulai dari aktivitas bisnis, pendidikan, hingga traveling. Seiring dengan perkembangan teknologi digital, kini perbankan juga menyediakan layanan transfer uang internasional melalui mobile banking.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) turut mengakomodasi kebutuhan transfer uang ke luar negeri nasabah melalui inovasi layanan fitur transfer uang internasional dalam Financial Super Apps BRImo. Dengan fitur tersebut, pengiriman dana yang dilakukan dari tabungan Rupiah akan langsung dikonversi menjadi mata uang asing (remittance) sesuai kebutuhan penerima di luar negeri.

Baca Juga: Bank BRI optimistis pendapatan transaksi BRIMO tembus Rp2,4 triliun!

Hanya melalui genggaman tangan menggunakan smartphone, pengguna BRImo dapat mentransfer secara mudah dan cepat ke luar negeri, dengan nilai tukar yang kompetitif. Nasabah pun dapat menghemat waktu serta tenaga karena tidak perlu pergi ke money changer kemudian mengirimkan uang ke luar negeri.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto mengatakan, proses pengiriman uang dari dalam ke luar negeri saat ini menjadi kebutuhan semua kalangan khususnya pelajar. Pelajar Indonesia yang bersekolah di luar negeri membutuhkan ketersediaan dana yang notabene diperoleh dari kiriman orang tua.

Customer experience merupakan prioritas BRI dalam setiap layanan. BRI juga senantiasa memperhatikan kebutuhan-kebutuhan masyarakat yang tentunya semakin beragam. Fitur ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat baik yang di dalam maupun luar negeri,” jelasnya.

Mata uang utama dunia yang sudah dapat dikirimkan melalui BRImo di antaranya USD (Dolar AS), CNY (Yuan), SGD (Dolar Singapura), JPY (Yen), THB (Baht), HKD (Dolar Hong Kong), AUD (Dolar Australia), EUR (Euro), GBP (Pound Sterling), serta beragam mata uang asing lainnya.

Untuk mentransfer ke luar negeri, pengguna BRImo perlu login terlebih dahulu ke Super App milik BRI ini.  Pilih fitur “Transfer Internasional” kemudian pilih Negara Tujuan, masukkan Jumlah Dana, dan pilih Metode Pengiriman.

Pengguna juga harus mengisi data lengkap penerima, pengirim, serta detail pengiriman lainnya. Setelah itu, klik cek pada syarat & ketentuan, konfirmasi transaksi, lalu masukkan PIN. Nasabah dapat melihat status pengiriman melalui menu “Lacak”.

Baca Juga: Bank BRI raup laba Rp 15,56 triliun pada kuartal I/2023

Kemudahan transfer ke luar negeri melalui BRImo menjadi inovasi layanan perbankan digital terbaru persembahan BRI bagi nasabahnya. Inovasi ini pun memperoleh apresiasi dari industri dalam ajang Editor’s Choice Award 2023, dengan ditetapkan sebagai “Remittance Service in Mobile Apps of the Year” pada 12 Oktober 2023 lalu.

Hingga akhir September 2023, aplikasi BRImo telah diakses lebih dari 29,8 juta pengguna dengan volume transaksi tumbuh 66,87% year on year (yoy) menjadi Rp2.984 triliun dalam 9 bulan. Dari tansaksi tersebut, Fee Based Income (FBI) yang dihasilkan BRImo mencapai Rp1,81 triliun atau tumbuh 57,6% yoy.■