Kasikornbank tambah saham di Bank Maspion

- 22 November 2023 - 11:05

Untuk memantapkan sebagai pemegang saham pengendali, Kasikornbank Public Company Limited (Kbank) kembali memperbesar porsi kepemilikan sahamnya di PT Bank Maspion Tbk (Bank Maspion). Bank asal Thailand tersebut kini memegang porsi kepemilikan sebesar 84,55% saham,

Penambahan kepemilikan tersebut dilakukan melalui anak usahanya Kasikorn Vision Financial Company Pte. Ltd (KVF). Di mana, KVF membeli 3,05 miliar saham dengan harga Rp370 per saham.

Itu berarti, KVF merogoh kocek sekitar Rp1,13 triliun dalam pembelian tersebut. Transaksi dilakukan pada 15 November 2023.

Baca Juga: Kasikornbank segera kuasai mayoritas saham Bank Maspion

“Tujuan transaksi adalah pembelian sisa saham baru yang tidak diambil bagian dalam PMHMETD III dari BMAS,” ujar manajemen KVF dalam keterbukaan informasi (21/11).

Memang, sejak awal aksi korporasi yang dilakukan oleh BMAS tersebut, KVF telah menyatakan sebagai pembeli siaga atas saham baru yang tidak diambilbagiannya oleh pemegang saham lain.

Baca Juga: Pasca akuisisi Bank Maspion, KBank ungkap strategi dorong inklusi keuangan di Indonesia

Bank Maspion mengincar dana segar sekitar Rp3,51 triliun dari rights issue ini. Dalam rights issue tersebut, BMAS menawarkan sebanyak 9,48 miliar saham baru atau sebesar 52,38% dari modal yang ditempatkan dan disetor penuh setelah terlaksananya PMHETD III.

Secara rinci, kini kepemilikan saham secara langsung oleh Kbank sekitar 2,45% dari total saham, KVF memiliki kepemilikan sekitar 81,10% dan KVFI sebesar 1% saham. ■

Comments are closed.