Pasca akuisisi Bank Maspion, KBank ungkap strategi dorong inklusi keuangan di Indonesia

- 4 Mei 2023 - 13:12

digitalbank – Kasikornbank (KBank), salah satu penyedia jasa keuangan terkemuka asal ‘Negeri Gajah Putih’, Thailand, segera hadir di Indonesia menyusul langkah akuisisi bank ini pada Desember 2022 terhadap 67,5% saham Bank Maspion yang asetnya per Desember 2022 tercatat sebesar Rp14,956 triliun.

Wakil Presiden Eksekutif KBank Pattarapong Kanhasuwan dalam keterangan resminya, Rabu (3/5), mengatakan kemitraan ini menandai Merger and Acquisition (M&A) pertama KBank sebagai bagian dari strategi ekspansi grup di wilayah regional.

Hal tersebut akan memungkinkan KBank untuk memperluas jaringan dan menawarkan layanan keuangan kepada lebih banyak pelanggan korporat dan individu di Indonesia, serta turut mendorong peningkatan inklusi keuangan.

“Kami akan memanfaatkan basis nasabah korporat kami yang kuat di Thailand dan jaringan regional untuk menyediakan berbagai solusi keuangan dan menciptakan peluang pertumbuhan bagi pelanggan di Indonesia dalam hal value chain, perdagangan, dan investasi,” ujarnya.

Menurut dia, dengan pengalamannya selama 77 tahun di bidang perbankan dan inovasi teknologi, KBank berkomitmen untuk berkontribusi dalam memberikan akses produk keuangan yang lebih baik kepada pelanggan Indonesia.

Jaringan strategis dan pengalaman lokal Bank Maspion akan memungkinkan KBank menawarkan rangkaian solusi keuangan yang lebih inklusif untuk memenuhi beragam kebutuhan bisnis dan individu di Indonesia.

Ini sejalan dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi nasional 2023 oleh Bank Indonesia (BI) sebesar 4,5-5,3%. Salah satu fokus dari proyeksi tersebut adalah peningkatan inklusi keuangan yang telah menjadi strategi nasional dan prioritas pemerintah.

Indonesia telah menetapkan target hingga 90% untuk inklusi keuangan pada 2024. Namun, populasi unbanked yang berjumlah 180 juta jiwa masih menjadi tantangan dalam mendorong inklusi keuangan.

Sebagai pemegang saham mayoritas Bank Maspion, KBank mengatakan akan berkomitmen kuat untuk berkontribusi dan mendorong inklusi keuangan, yang merupakan salah satu faktor kunci yang dibutuhkan untuk kemajuan perekonomian Indonesia.

Lebih lanjut Pattarapong mengatakan KBank memiliki komitmen untuk mendukung Bank Maspion menjadi bank terbesar di Jawa Timur dan salah satu dari 20 bank terbesar di Indonesia berdasarkan portofolio pinjaman pada 2027. ■

Comments are closed.