Bank Indonesia dan Perbarindo genjot literasi untuk tingkatkan kecintaan terhadap rupiah

- 6 Februari 2024 - 20:45

Bank Indonesia gandeng Perhimpunan Bank Perekonomian Rakyat Indonesia (Perbarindo) memacu literasi rupiah masyarakat melalui Edukasi Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah.

Kick Off Edukasi CBP Rupiah juga telah dilakukan penandatanganan Berita Acara (BA) Kesepahaman antara BI dan Perbarindo. Kesepahaman ini selanjutnya akan menjadi dasar pelaksanaan Edukasi CBP Rupiah di Bank Perekonomian Rakyat dan Bank Perekonomian Rakyat Syariah (BPR BPRS), anggota Perbarindo melalui DPD Perbarindo seluruh Indonesia berkoordinasi dengan kantor perwakilan Bank Indonesia setempat.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim mengatakan, sejalan dengan desain program edukasi CBP Rupiah tahun 2024, salah satu fokus program Bank Indonesia di tahun 2024 adalah penguatan dan perluasan sinergi bersama stakeholder eksternal.

“kami telah melakukan koordinasi dengan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Perbarindo Jawa Timur, KPwBI Jawa Timur, dan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Perbarindo mengenai kegiatan edukasi kepada Sumber Daya Manusia (SDM) BPR BPRS di seluruh wilayah Indonesia dengan kick off dilakukan di Surabaya,” ujarnya, Selasa, (6/2).

Pelaksanaan edukasi CBP Rupiah kepada SDM BPR dan BPRS di seluruh wilayah Indonesia dilakukan dengan mempertimbangkan adanya peran strategis BPR BPRS serta potensi eksposur yang cukup luas dari BPR BPRS sebagai perpanjangan tangan BI.

“Ke depan diharapkan dapat membantu dalam pelaksanaan edukasi kepada masyarakat khususnya nasabah perbankan secara langsung mengenai CBP Rupiah. Ke depan, Bank Indonesia berharap BPR BPRS dapat turut berperan dalam membantu kebijakan clean money policy Bank Indonesia,” tukasnya. ■

Comments are closed.