Mengungkap rencana besar bisnis DCITS di Indonesia

- 6 Desember 2023 - 19:15

Dari sejumlah bank digital di Indonesia, Sea Bank Indonesia boleh jadi termasuk bank digital yang sangat unik. Keunikan itu sebagaimana dijelaskan dalam situs resminya adalah fitur bunga cair setiap hari atau bunga tabungan dihitung dan dibayarkan setiap hari. Boleh jadi baru satu-satunya bank digital di Indonesia yang mampu memberikan layanan ini. Itu berarti, Sea Bank bisa terus bekerja 24 jam per hari tanpa jeda sedetikpun. Menghitung kemudian mencairkan bunga kepada seluruh nasabahnya setiap hari. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Kinerja keren seperti Sea Bank yang dulu bernama PT. Bank Kesejahteraan Ekonomi (Bank BKE) didirikan di Jakarta pada tanggal 4 Oktober 1991 ini sangat memungkinkan karena ada peran kunci dari Digital China Information Service Group Co, Ltd. (DCITS) yang didirikan pada tahun 1984 di Beijing. DCITS telah muncul sebagai penyedia layanan fintech terkemuka di dunia dengan visi “Menjadi mitra terdepan dalam transformasi digital keuangan untuk klien keuangan”.

Baca Juga: Bos Seabank Sasmaya Tuhuleley: Sulit membayangkan Indonesia tanpa bank digital

Di Sea Bank Indonesia, platform DCITS yang diimplementasikan antara lain pada core banking system, enterprise service bus, unified payment platform dan online loan (pinjaman online). Adapun keterlibatan sistem DCITS ini meliputi sistem pembukuan umum, integrated channels, platform data, sistem pelaporan berdasarkan ketentuan otoritas perbankan, pengendalian risiko dan lain-lain.

Dengan keandalan sitem yang disediakn DCITS, yakni Sea Bank Indonesia mampu mencetak kinerja yang sangat spektakuler. Misalnya: 90% transaksi dapat dilayani kurang dari 3 detik. 1000 lebih transaksi dapat dilayani dalam 1 detik. Kesuksesan transaksi berikut akurasinya mencapai 99.9%!

“Kami memiliki ekosistem platform keuangan dan perbankan yang lengkap,” ucap Tang Zhifeng, President Distrik Selatan dan GM of Financial Marketing Officer DCITS dalam wawancara khusus dengan digitalbank,id selepas event First ICION Fintech Workshop 2023 di Bali baru-baru ini.

Baca Juga: Kompetisi kian sengit, ini jurus yang mesti dimainkan bank digital agar tetap dilirik nasabah

Pada tahun 2023, menurut Tang, perusahaan ini memiliki sekitar 14.000 karyawan yang sangat terampil dan rekam jejak yang mengesankan dalam melayani lebih dari 1.900 lembaga keuangan di seluruh dunia. DCITS menawarkan berbagai layanan yang komprehensif, termasuk konsultasi, produk perangkat lunak, implementasi solusi fintech, dan layanan infrastruktur cloud.

Layanan DCITS ini telah memberdayakan lembaga keuangan untuk mengoptimalkan operasi bank-bank di dunia, dan mendorong inovasi bisnis. Dengan memanfaatkan produk dan keahlian mutakhir DCITS, lembaga-lembaga ini telah berhasil memberikan layanan keuangan yang lebih efisien, nyaman, dan berkualitas tinggi kepada ratusan juta individu dan puluhan juta perusahaan. Peluang bisnis bank di Indonesia masih sangat besar,”Oleh karena kami datang ke Indonesia dengan teknologi dan use case yang mapan, untuk ikut mendongkrak kinerja bank-bank di Indonesia secara keseluruhan,” tegas Tang berseri-seri. ■

Comments are closed.