Penyaluran kredit perbankan Mei 2023 tumbuh lebih tinggi dari bulan sebelumnya. Ini dia penopangnya…

- 26 Juni 2023 - 14:17

digitalbank.id – TOTAL Penyaluran kredit perbankan di Mei 2023 tercatat tumbuh lebih tinggi dari bulan sebelumnya. Adapun, pertumbuhan kredit tertinggi berasal dari kredit investasi, meskipun kredit lainnya juga lebih tinggi dari bulan sebelumnya.

Seperti diketahui, penyaluran kredit pada Mei 2023 tumbuh sebesar 9,4% year on year (YoY),naik dibandingkan pertumbuhan pada bulan sebelumnya sebesar 8,1% YoY. Nilai kredit yang disalurkan pada bulan tersebut senilai Rp 6.561,2 triliun.

“Sejalan dengan membaiknya perkembangan kredit produktif maupun konsumtif,” ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono dalam keterangan resmi, Senin (26/6).

Berdasarkan jenis penggunaannya, pertumbuhan kredit paling tinggi berasal dari kredit investasi yang tumbuh 11,6% YoY menjadi Rp 1.718,6 triliun di Mei 2023. Sebelumnya, pertumbuhannya hanya sekitar 9,1%.

Secara rinci, kredit investasi ini terutama bersumber dari sektor industri pengolahan serta sektor pertanian, peternakan, kehutanan, dan perikanan. Sektor industri pengolahan tumbuh hingga 16,4% YoY.

“Seiring perkembangan kredit pada sub sektor industri minyak goreng dari kelapa sawit mentah di Kalimantan Timur dan Jawa Timur,” tulis laporan BI, Senin (26/6).

Sementara itu, kredit investasi di sektor pertanian, peternakan, kehutanan, dan perikanan tumbuh 6,4% YoY menjadi Rp 261,1 triliun. Ini juga tumbuh lebih tinggi dari bulan sebelumnya yang tumbuh 5,3% YoY.

“Pertumbuhan terutama pada kredit sub sektor perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah,” tandas laporan tersebut.

Comments are closed.