BI tambahkan fitur QRIS Tuntas yang memungkinkan tarik tunai dan pembayaran tunai

- 22 Juni 2023 - 17:30

digitalbank.id – BANK Indonesia (BI) Menyadari semakin berkembangnya penggunaan QRIS dan siap untuk menambahkan fitur-fitur baru pada QRIS untuk memungkinkan lebih dari sekedar pembayaran.

Deputi Gubernur BI Filianingsih Hendarta mengumumkan akan ada fitur bernama QRIS Tuntas untuk tarik tunai dan pembayaran tunai. Fitur ini dijadwalkan rilis pada Agustus 2023.“Sebagai hadiah HUT Kemerdekaan Indonesia,” kata Fili dalam konferensi pers RDG BI, Kamis (22/6).

Ia menambahkan, saat ini ada 16 peserta yang bersedia menyediakan fungsionalitas tersebut untuk layanan QRIS. Fili mengatakan BI sedang menguji fitur ini mulai tahun 2021.

Selain itu, Fili menjelaskan penambahan fitur ini diharapkan dapat membawa beberapa manfaat untuk meningkatkan kualitas sistem pembayaran digital.

Pertama, dapat mengoptimalkan sumber uang yang digunakan, yang sebelumnya hanya dari deposito menjadi uang elektronik.

Kedua, diharapkan dapat meningkatkan konektivitas, karena nantinya dapat dilakukan antar bank, non bank dan bank-non bank.

“Akhirnya untuk dimasukkan karena tarik tunai dapat digunakan di daerah perbatasan, terdepan, terluar dan terpencil.” Jadi kalau tidak ada ATM atau bank tidak masalah asal ada merchant QRIS,” ujarnya.

Saat ini Jumlah pengguna dan merchant QRIS tumbuh menjadi 35,80 juta dan merchant menjadi 26,1 juta pada Mei 2023. Pada saat yang sama, total volume perdagangan mencapai 744 juta. ■

Comments are closed.