Gelar pameran internasional, BSI dorong pertumbuhan ekosistem syariah dan gaya hidup halal

- 15 Mei 2024 - 11:29

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) akan menggelar BSI International Expo 2024, sebuah pameran ekosistem keuangan syariah dan gaya hidup halal berskala internasional pertama di Indonesia.

SVP Marketing Communication BSI Kemas Erwan Husainy mengatakan, pameran ini digelar oleh BSI dalam rangkaian milad ketiga.

“Acara pameran ini sekaligus menegaskan komitmen BSI untuk terus mendorong perkembangan ekosistem keuangan syariah dan gaya hidup halal,” katanya, Selasa (14/5).

Mengusung tema Connecting You to Halal Lifestyle Ecosystem, BSI International Expo 2024 akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Hall A & B, Jakarta selama empat hari mulai 20-23 Juni 2024.

Menurut dia, pameran ini akan diikuti oleh para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) nasional dan mitra perusahaan. Terdapat sekitar 196 booth yang saat ini sudah terisi 100%.

BSI juga menghadirkan sejumlah buyers mancanegara, saat ini sudah ada 14 negara yang konfirmasi hadir dalam pameran tersebut, antara lain berasal dari Arab Saudi, Malaysia, Uzbekistan, Mesir, Kazahktan, Turki, UK, UEA, Rwanda, Jepang, Bangladesh, Nepal, Qatar, dan Maroko.

“Brand yang hadir meramaikan di booth sementara adalah Malaysia, Bangladesh, Nepal, Uzbekistan, Azerbaizan, UK, UEA, dan Australia, ini masih berjalan karena mereka masih mengkonfirmasi segala sesuatunya, masih to be confirm,” katanya.

BSI memiliki besaran target transaksi dari pameran tersebut, namun masih terus berubah sejalan dengan penambahan calon buyers yang konfirmasi.

“Data sementara buyers yang konfirmasi ada 14 negara dan ini terus berjalan, potensi masih kami hitung, kami punya besaran target tapi belum finalisasi. Nanti seminggu sebelum hari H baru bisa didapat angkanya, untuk pengunjung harian minimal 5 ribu, kalau empat hari berarti 20 ribu pengunjung,” demikian Kemas.

Sementara itu, Corporate Secretary BSI Wisnu Sunandar mengatakan, BSI sebagai bank syariah terbesar di Indonesia memiliki aspirasi untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat gravitasi syariah global.

Dia berharap gelaran BSI International Expo 2024 dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dan dunia terhadap gelaran pameran berskala besar tentang industri dan gaya hidup halal atau halal lifestyle.

BSI sendiri memprediksikan halal lifestyle di Indonesia akan berkembang pesat dari tahun ke tahun, seiring dengan pertumbuhan ekonomi Islam dunia. Di sektor ekonomi Islam global, belanja konsumen tumbuh 9,5% (year on year/yoy) menjadi US$2,29 triliun pada tahun 2022.

Selain itu, Indonesia menjadi negara dengan belanja konsumen makanan halal terbesar kedua di dunia dengan perkiraan belanja muslim global di sektor ini mencapai US$1,89 triliun pada tahun 2027.

Indonesia sebagai salah satu negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, yaitu sekitar 240,62 juta jiwa memiliki potensi ekonomi dan keuangan syariah yang sangat besar. Potensi industri halal RI diperkirakan Rp1,95 triliun atau setara US$135 miliar.

Tidak hanya itu, pertumbuhan aset keuangan syariah Indonesia mencapai Rp2,45 triliun atau setara US$163 miliar (per Juni 2023) atau tumbuh 13,37% (yoy). Hal ini menunjukan pertumbuhan baik dari industri keuangan syariah di Indonesia. ■

Comments are closed.