Berbekal QRIS, jalan-jalan jadi lebih mudah di Singapura, pelaku usaha juga diuntungkan

- 20 November 2023 - 23:54

BANK INDONESIA mengungkapkan pengperasian Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di Singapura yang secara resmi mulai diberlakukan pada 17 November 2023 lalu, bukan hanya memudahkan wisatawan Indonesia yang bertandang ke Singapura, melainkan juga sangat menguntungkan bagi pelaku usaha di Tanah Air.

“Bukan hanya memudahkan para wisatawan Indonesia yang sedang bertransaksi di Singapura, para pelaku usaha di Indonesia juga semakin diuntungkan karena transaksi turis Singapura di Indonesia juga semakin lancar dan mudah,” demikian Bank Indonesia dalam akun resmi Instagram-nya @bank_indonesia, Senin (20/11).

Bank Indonesia dan Monetary Authority of Singapore meresmikan implementasi interkoneksi pembayaran QR antarnegara antara Indonesia dan Singapura, Jumat, 17 November 2023. Langkah tersebut memungkinkan masyarakat melakukan pembayaran ritel antarnegara dengan QRIS.

Baca juga: Pemakaian QRIS BRI di Papua tembus Rp294 miliar

Peluncuran kerja sama interkoneksi pembayaran QR antarnegara dilakukan oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dan Managing Director (MAS) Ravi Menon.

Dengan adanya kerja sama tersebut diharapkan mampu perluas akses pasar bagi pelaku usaha kedua negara. Khususnya usaha mikro dan kecil dengan bertambahnya jumlah konsumen baru. Selain itu, insiatif tersebut juga menguntungkan wisatawan kedua negara seiring dengan kembali meningkatnya pariwisata pasca pandemi. Pada semester pertama 2023, ada 600 ribu kedatangan dari Singapura ke Indonesia dan 1,1 juta wisatawan dari Indonesia ke Singapura pada periode Januari – Juni 2023.

Selain itu, langkah tersebut menjadi tindak lanjut dari komitmen negara ASEAN pada kerja sama konektivitas pembayaran regional dan implementasi blueprint sistem pembayaran Indonesia 2025.

Lantas, bagaimana mengoperasikan QRIS di Singapura? Hampir sama saja dengan pengoperasian QRIS di Indonesia. Hanya saja, akan ada laman konfirmasi nilai atau harga tertera dalam mata uang rupiah. Nah, agar tidak bingung, berikut ini langkah-langkahnya:

Baca juga: Bulan depan QRIS bisa dipakai di ‘Negeri Singa’, Jepang dan Korsel menyusul

  1. Buka aplikasi pembayaran
  2. Scan atau pindah QR Singapura
  3. Masukan nominal dalam dolar Singapura
  4. Konfirmasi tujuan dan nominal dalam rupiah
  5. Masukan PIN
  6. Jika berhasil, akan muncul tulisan: transaksi berhasil!

Ini daftar aplikasi pembayaran yang bisa melakukan pemindaian QR Code Singapura:

  • BCA
  • BRI
  • BSI
  • Bank Permata
  • CIMB Niaga
  • Bank Mega
  • Bank Sinarmas
  • BPD Bali
  • DANA
  • Netzme

Merchant Singapura yang menerima aplikasi pembayaran Indonesia yaitu, NETS QR atau SGQR dan SGQR+ dengan logo NETS. Adapun, aplikasi pembayaran Singapura yang bisa melakukan scan QRIS, yaitu UOB dan OCBC. Bisa dipastikan, seluruh merchant menerima aplikasi pembayaran Singapura. Dengan demikian, kemudahan yang sama bisa dirasakan warga Singapura di Indonesia. ■