Handayani: “Laba perusahaan meningkat jika perempuan terlibat dalam pengambilan keputusan”

- 4 September 2023 - 09:42
Handayani BRI

SRIKANDI-SRIKANDI BUMN mengajak kaum hawa menjadi bagian dari kemajuan bangsa. Hal ini sejalan dengan aspirasi pemerintah mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Direktur Bisnis Konsumer PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) Handayani mengatakan peran perempuan sangat penting dalam menunjang sebuah lembaga atau institusi.

Menurut dia, merujuk pada satu riset, ketika banyak perempuan terlibat dalam proses pengambilan keputusan terkait kebijakan di sebuah perusahaan, maka kinerja laba akan meningkat sekitar 16%.

“Maka tidak salah jika Kementerian BUMN tahun ini mencanangkan 25% dari senior leader board management adalah perempuan,” tuturnya dalam acara Srikandi BUMN Goes to Campus di Universitas Airlangga, Surabaya, akhir pekan lalu.

Baca juga: Direktur Konsumer Bisnis BRI Handayani ingatkan masyarakat perlu melakukan financial check up

Sebagai Srikandi BUMN, lanjut Handayani, dia teman-teman perempuan bersama-sama memanfaatkan kesempatan ini, yakni menjadi bagian dari kemajuan Indonesia.

Lebih lanut dia mengatakan, kaum perempuan yang lebih berdaya menjadi sangat penting mengingat pemerintah mencanangkan Indonesia Emas 2045. Pada umur Republik Indonesia yang ke-100 tersebut, Handayani menyebut, Indonesia akan menjadi center of growth country nomor 4 di dunia.

Adapun BUMN adalah salah satu tempat sekaligus ekosistem untuk bisa menyiapkan diri menjadi bagian dari Indonesia Emas 2045. Di BUMN seperti BRI, talenta-talenta muda didorong untuk terus maju dan berkembang.

Sebab, untuk Indonesia menjadi sebuah negara yang maju, membutuhkan talenta-talenta muda yang harus disiapkan dari saat ini.

Baca juga: BRI dan Citilink garap online travel fair, ada diskon tiket pesawat hingga 80% untuk beragam destinasi

“Jadi BUMN itu punya noble purpose, punya tujuan berkontribusi untuk Indonesia tidak hanya dalam bentuk angka-angka. BUMN itu ingin menjadi value creator bagi Masyarakat. Agar BUMN memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan, namun tetap bisa menjadi agent of development, mensejahterakan masyarakat Indonesia,” katanya.

BUMN seperti BRI, menurut Handayani, menjadi sebuah katalisator bagi talenta-talenta terbaik di Indonesia untuk semakin profesional, berdaya saing, dan siap bersaing di tataran global. BRI sendiri sudah membuktikannya yang saat ini menjadi ranking ke-38 global bank terbaik di dunia versi Forbes.

“Selama ini BUMN terus memperbaiki diri, melakukan banyak restrukturisasi, melakukan clustering, sehingga kemudian memiliki agility yang baik. Tidak hanya dari sisi bisnis, tapi juga dari sisi teknologi, dan juga bagaimana BUMN menjadi sebuah entitas yang merupakan sebuah rangkaian ekosistem yang memiliki daya saing tinggi,” kata Handayani.

Baca juga: Dana kelolaan nasabah tajir BRI naik 22,5 persen, bisnis wealth management makin cerah

Dalam kesempatan tersebut hadir pula Direktur Human Capital BRI Agus Winardono. Menurutnya, BRI menyiapkan ekosistem matang dalam mendorong para Insan BRILiaN (pekerja BRI) untuk maju. BRI memberikan kesempatan yang sama bagi Insan BRILian laki-laki maupun perempuan untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya. Informasi mengenai kesempatan karier di BRI sendiri dapat diakses melalui instagram @lifeatBRI dan LinkedIn PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk.

“Teman-teman baik laki-laki atau perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk bersaing secara fair. Kami siapkan sistem untuk teman-teman bersaing secara sehat sehingga diharapkan menghasilkan Insan BRILiaN yang handal di bidangnya,” katanya.

Insan BRILiaN sendiri menurutnya sekitar 85% adalah generasi Z. Sedangkan pekerja perempuan sekitar 37,6% dari total Insan BRILiaN.

Baca juga: BRImo, financial super apps besutan BRI catatkan nilai transaksi di atas Rp2.000 triliun

“Nah kami menawarkan kepada teman-teman, sistem recruitment lalu sistem career journey yang fair dan terbuka dan sudah jelas. Langkahnya sudah jelas, arahnya sudah jelas. Untuk masuknya pun sudah jelas. Untuk sama sama berkembang demi kemajuan bangsa,” lanjutnya.

Sementara itu, Direktur Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi, Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) Universitas Airlangga Elly Munadziroh mengatakan sejak awal tujuan karir mahasiswa harus sudah diarahkan ditetapkan.

Maka dari itu, dengan adanya acara Srikandi BUMN Goes to Campus dia menilai mahasiswa termotivasi dalam mengejar cita-citanya. Hal itu menjadi lebih baik lagi ketika karir yang dibidik bisa berkaitan langsung dengan upaya-upaya pembangunan bangsa.

“Harapan kami adik-adik mahasiswi bisa termotivasi, bisa merancang karirnya sejak dini akan ke mana kelak. Kalau sudah merancang tentunya tidak hanya diam saja tapi bagaimana menyiapkan portofolio ke arah sana. Mahasiswa tidak hanya sekedar nanti masuk kuliah lulus, tapi berkewajiban untuk berbakti pada nusa dan bangsa,” katanya. ■

Comments are closed.