Dilantik MA hari ini, Filianingsih Hendarta resmi jabat deputi gubernur BI 2023-2028

- 18 April 2023 - 15:04

digitalbank.id – Mahkamah Agung (MA) hari ini, Selasa (18/4) resmi melantik Filianingsih Hendarta sebagai deputi gubernur Bank Indonesia (BI).

Filianingsih Hendarta ditetapkan sebagai Deputi Gubernur BI berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 21/P Tahun 2023 tanggal 15 Maret 2023.

Masa jabatan ini berlaku selama lima tahun. Filianingsih resmi menggantikan Dody Budi Waluyo yang sebelumnya menjabat sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia pada periode 2018-2023.

Filianingsih terpilih swbagai deputi gubernur BI setelah mengikuti uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di Komisi XI DPR pada Senin (13/02/2023). Dalam fit and proper test itu Filianingsih mengatakan, pihaknya memiliki visi terwujudnya perekonomian nasional yang tidak hanya berdayatahan tetapi juga progresif melalui akselerasi transformasi ekonomi dan keuangan digital yang efektif dan sinergis untuk kebangkitan Indonesia.

“Strategi kebijakan tidak lagi bisa diramu dengan business as usual, perlu upaya untuk bisa menangkap peluang yang muncul dari perubahan lingkungan strategis yang ada,” kata Filianingsih.

Dia mengucapkan sumpah jabatan sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia di hadapan Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial Sunarto. Dalam pelantikan ini, sejumlah pejabat BI terlihat hadir seperti Gubernur BI Perry Warjiyo, Anggota Dewan Gubernur BI yakni Destry Damayanti, Doni P Joewono. Selain itu turut juga turut hadir beberapa pejabat negara lainnya.

Filianingsih mengatakan dalam mewujudkan visi yang disiapkan ada tiga strategi yang akan dijalankan yaitu mengawal stabilitas moneter, memastikan dukungan pembiayaan ekonomi yang memadai dan inklusif, serta merumuskan dan mengimplementasikan langkah konkret mengakselerasi transformasi ekonomi keuangan digital.

Sebelum bertugas sebagai deputi gubernur Bank Indonesia, Filianingsih bertugas sebagai asisten gubernur bidang sistem pembayaran. Dia berpengalaman lebih dari 36 tahun di seluruh sektor di Bank Indonesia, memimpin berbagai proyek berskala nasional maupun internasional dan mewakili delegasi Bank Indonesia di berbagai forum internasional.

Filianingsih mengawali karier di Bank Indonesia pada 1986. Ia menjabat sebagai Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran sejak 2019. Ia pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Pengelolaan Moneter (2013-2015) dan Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial (2015-2019).

Perempuan kelahiran Surabaya pada 1963 ini menyelesaikan pendidikan sarjana di bidang Hukum di Universitas Airlangga pada 1985. Lalu mendapatkan gelar master di bidang ekonomi dan keuangan dari Universitas Boston di Amerika Serikat pada 1992. ■

Comments are closed.