Cyrillus Harinowo ajak investor berinvestasi di kawasan wisata Gunungkidul

- 23 Agustus 2022 - 08:48

Komisaris Independen PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Cyrillus Harinowo.

digitalbank.id – Komisaris Independen PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Cyrillus Harinowo mengajak para investor untuk mengambil peluang investasi di kawasan wisata Gunungkidul, Yogyakarta.

Hal ini diungkapkan karena ia melihat akan besarnya potensi dari keindahan dan keunikan situs-situs wisata di Gunungkidul. Terdapat lebih dari 50 pantai besar dan Taman Bumi (geopark) yang menjadi bagian dari 165 UNESCO Geopark Network.

“Persaingannya masih kecil dan potensi pengusaha masih sangat besar. Besar kemungkinan dalam 10 sampai 25 tahun mendatang Gunungkidul jadi keren,” jelas Cyrillus akhir pekan lalu. “Saya percaya, Gunungkidul bukan hanya The Next Bali, tapi juga The Next Nusa Dua. Ini waktunya investor untuk hadir di Gunungkidul,” lanjutnya.

Corporate social responsibility (CSR) PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) atau BCA terus mendorong pariwisata di Gunungkidul, Yogyakarta menjadi ‘Bali berikutnya’ atau ‘The Next Bali’.

BCA meluncurkan buku berjudul “Gunungkidul The Next Bali” sebagai salah satu upayanya mendorong kebangkitan Gunungkidul menjadi destinasi wisata pilihan domestik dan mancanegara, juga menarik perhatian pemerintah untuk pengembangan lebih lanjut.

Saat meluncurkan buku tersebut, Cyrillus menceritakan awal ketertarikannya pada Gunungkidul saat pertama kali mengunjungi kawasan jalan Panggang yang berliku-liku.

Jalan tersebut mengingatkannya pada jalan tol 17 Mile-Drive di sekitar San Fransisco, California, Amerika Serikat yang menurutnya, memiliki kondisi geografis yang serupa dengan Panggang. “Dari situ saya melihat, ternyata, Panggang pun tidak kalah bagus dibandingkan dengan 17 Mile-Drive,” katanya.

Tak hanya melalui tulisan buku, minat Cyrillus dalam membantu mengembangkan wisata di Gunungkidul direalisasikannya dengan ikut berkontribusi membangun hotel di sana, yang tanpa ragu, dilaksanakannya. “Saya tidak berpikir panjang lagi, saya ikut (bangun hotel di Gunungkidul),” jelasnya.

Sebelumnya, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menjadi salah satu institusi yang berperan besar dalam kebangkitan pariwisata di Gunungkidul, Yogyakarta. Salah satu obyek wisata di Gunungkidul yang BCA bantu perkenalkan ke masyarakat luas adalah Gua Pindul pada medio 2013.

Langkah tersebut tak terhenti, Terbaru, Buku Gunungkidul The Next Bali menjadi salah satu upaya BCA untuk mencorong Gunungkidul sebagai pilihan destinasi wisata yang populer seperti Bali.

“Gunungkidul adalah masterplan yang hidup, yaitu tempat pembelajaran yang komprehensif bagi siapa saja yang ingin mengembangkan destinasi pariwisata lokal, mulai dari nol hingga dikenal luas oleh wisatawan lokal dan mancanegara,” jelas Komisaris Independen BCA Cyrillus Harinowo, di Pendopo Taman Budaya Gunungkidul, Yogyakarta pada Jumat (19/8).

“Warisan itu ada dalam buku ini, dan saya sangat berbangga karena BCA menjadi salah satu pelaku sejarah yang dominan di balik pariwisata Gunungkidul ini,” tambah dia.

Cyrillus, yang juga merupakan salah satu penulis buku, mengatakan babwa potensi pariwisata di Indonesia yang beragam membutuhkan sentuhan perhatian dan kepedulian banyak pihak untuk dapat bangkit sebagai destinasi populer.

Menurutnya, dengan kebangkitan Gunungkidul sebagai destinasi baru, pihak swasta dan pemerintah, baik lokal maupun pusat, memiliki andil yang siginifikan pada tahap pengembangan destinasi tersebut.

“Kenapa (buku ini) saya tulis? karena pemerintah pusat belum menunjukkan (Gunungkidul) sebagai The Next Bali. Yang ditunjukkan hanya Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Toba. (Sedangkan) Gunungkidul tidak pernah dibicarakan,” ungkap Cyrillus.

Gunungkidul sangat mungkin akan terus berkembang pesat mengingat masih banyak destinasi pariwisata yang bisa dikembangkan, pungkasnya.

Dia menambahkan, diperlukan pendekatan yang lebih strategis untuk menjaga kesinambungan dan keberlanjutan pengembangan pariwisata tersebut, misalnya melalui penetapan Gunungkidul sebagai The Next Bali. (HAN)

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.