Lani Darmawan dipastikan akan menjadi nakhoda baru CIMB Niaga

- 24 November 2021 - 19:52

Lani Darmawan

digitalbank.id – TEKA-TEKI siapa yang akan menjadi nakhoda baru Bank CIMB Niaga menggantikan Tigor Siahaan yang pada 21 Oktober 2021 lalu mengundurkan diri, terjawab sudah.

Head of Strategy, Investor Relationship, and Partnership CIMB Niaga Saut Parulian Saragih dalam virtual public expose, Rabu (24/11) mengatakan, perseroan telah mengajukan nama Lani Darmawan sebagai pengganti Tigor Siahaan. “Pertengahan Desember dalam RUPSLB akan ditetapkan,” katanya.

Sebelumnya, Direktur Compliance, Corporate Affairs & Legal PT Bank CIMB Niaga Tbk. Fransiska Oei mengatakan perseroan telah mengusulkan nama Lani Darmawan yang sekarang menjabat sebagai Direktur Consumer Banking Bank CIMB Niaga sebagai orang yang akan menggantikan posisi Tigor Siahaan.

Baca juga: Meski margin terus tergerus, bank digital masih sibuk gaet nasabah dengan iming-iming bunga tinggi

“Setelah mendapatkan rekomendasi dari Komite Nominasi dan Remunerasi dan Dewan Komisaris, CIMB Niaga menominasikan Lani Darmawan sebagai presiden direktur perseroan yang akan disampaikan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa CIMB Niaga pada 17 Desember 2021,” ujar Fransiska di Jakarta, akhir pekan lalu.

Dia mengatakan, terkait mundurnya Tigor Siahaan sebagai presiden direktur, perseroan akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 17 Desember 2021. RUPSLB itu di antaranya bakal membahas perubahan susunan pengurus perseroan.

Lantas siapa sebenarnya Lani Darmawan dan bagaimana sepak terjangnya di dunia perbankan? Situr resmi Bank CIMB Niaga menyebutkan saat ini Lani Darmawan menjabat sebagai Consumer Banking Director CIMB Niaga.

Baca juga: Bank digital bertempur di arena lama dengan cara baru, siapa yang unggul?

Lahir di Karawang, Jabar, 20 April 1962, Lani tak asing lagi di dunia perbankan. Mengawali karier sebagai Deputy General Manager at PT Bank Central Asia (1990-1999), sarjana kedokteran gigi lulusan Universitas Trisakti 1985 ini pada tahun 2000 dipercaya menjadi Vice President di Citibank Indonesia.

Tak lama di Citibank, Lani pindah ke LippoBank dengan posiai Consumer Banking Group Head (2000-2004). Pada 2004 dia pindah ke Standard Chartered Bank Indonesia hingga menduduki posisi sebagai Consumer Banking Country Head (2007-2010).

Pada 2010 Lani pindah ke PT Bank Permata Tbk sampai 2012 dengan posisi EVP Head of Network. Kariernya mulai gemilang ketika pada 2012 dia dipercaya menjadi Retail Banking Director PT Bank Maybank Indonesia sampai 2015. Pada 2016 sampai sekarang Lani Darmawan menjabat sebagai Consumer Banking Director PT Bank CIMB Niaga Tbk.

Banyak kalangan mempredikai, di bawah kepemimpinan Lani Darmawan CIMB Niaga yang kini fokus pada layanan digital akan semakin berkibar.

Baca juga: Bank BUMN adu strategi di jalur digital hadapi fenomena gig economy

Hingga akhir September 2021, 96% dari total transaksi nasabah bank dengan kode emiten BNGA ini dilakukan melalui layanan digital banking.

Layanan digital banking yang diberikan CIMB Niaga a.l. OCTO Mobile, OCTO Clicks, BizChannel@CIMB, Automated Teller Machines (ATM), dan Rekening Ponsel.

CIMB Niaga pun berencana untuk terus meningkatkan angka transaksi layanan digital. Mulai dari transaksi penarikan tunai, cek saldo, dan transfer dana melalui seluruh channel perbankan yang tergabung dalam jaringan switching link.

“Dengam layanan digital kami dapat meningkatkan efisiensi operasional sekaligus memberikan manfaat yang lebih besar kepada nasabah. Hal ini juga bagian dari dukungan kami terhadap gerakan cashless society,” kata Lani. (HAN)

Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.