Transaksi digital via M2U Maybank sepanjang 2023 tembus 21 juta

- 27 Februari 2024 - 18:07

PT Bank Maybank Indonesia, Tbk. (Maybank Indonesia atau Bank) mengungkapkan platform perbankan digital-nya, M2U, yang diperuntukkan bagi nasabah ritel, mengalami peningkatan volume transaksi sebesar 18,0% menjadi sekitar 21 juta dari 17,9 juta transaksi tahun sebelumnya.

Presiden Direktur Maybank Indonesia Taswin Zakaria mengatakan nilai transaksi M2U tumbuh 15,0% menjadi Rp113,37 triliun dari Rp98,41 triliun. Simpanan nasabah melalui platform M2U
tumbuh 28,0% menjadi lebih dari Rp8,40 triliun.

“Selain itu, lebih dari 164 ribu rekening tabungan
baru dibuka secara digital melalui platform tersebut. Fitur M2U QR Pay & QR Cardless Withdrawal mencatatkan peningkatan transaksi sebesar 200%, dengan nilai transaksi mencapai lebih dari Rp430 miliar,” ujarnya Selasa (27/2).

Selain itu, kata dia, sebanyak lebih dari 167 ribu merchant di Indonesia telah memanfaatkan fasilitas Maybank QR Pay.

Selanjutnya, platform perbankan digital M2E untuk nasabah korporasi telah mencatatkan lebih dari 4,25 juta transaksi, dengan nilai transaksi sebesar Rp790,62 triliun, tumbuh 11,1% dari tahunsebelumnya yaitu sebesar Rp711,80 triliun. Saldo giro pada M2E juga tumbuh 4,8% menjadi Rp26,34 triliun dari Rp25,13 triliun. “Pertumbuhan ini berkontribusi pada funding secara keseluruhan,” tuturnya.

Pada kuartal keempat tahun 2023, Maybank Indonesia melakukan peningkatan layanan pada platform perbankan digital M2U dengan memperkenalkan fitur tabungan emas, bekerja sama dengan PT Pegadaian. Nasabah dapat membuka rekening investasi emas digital melalui M2U, sehingga menambah pilihan untuk berinvestasi selain Deposito Berjangka, Reksa Dana, dan Obligasi.

Peningkatan ini merupakan wujud upaya Maybank Indonesia dalam menyediakan solusi wealth management yang lebih lengkap untuk nasabah, khususnya melalui platform perbankan digital tersebut.

Di samping itu, pada tahun 2023 Maybank Indonesia menerima penghargaan ‘Excellence in Mobile Banking Award’ dari Asia Trailblazer yang menegaskan upaya berkelanjutan Maybank Indonesia dalam menghadirkan pengalaman perbankan digital sesuai dengan kebutuhan masing-masing nasabah. ■

Comments are closed.