Kapitalisasi BEI capai Rp11.461 triliun, perbankan tetap jadi primadona

- 24 April 2024 - 16:07

Hingga kini sektor perbankan masih menguasai transaksi di pasar modal RI yang kapitalisasi pasarnya tercatat mencapai Rp11.461 triliun.

Head Of Research BEI Verdi Ikhwan awal pekan ini mengatakan, dari total kapitalisasi pasar di BEI sebesar Rp 11.461 triliun, 35% di antaranya atau porsi terbesar berasal dari sektor keuangan.

“Di BEI ada 11 sektor. Sektor finance merupakan sektor yang memiliki porsi paling besar dari market kapitalisasi dan value trading. Kalau kapitalisasi pasar modal mencapai Rp11.461 triliun, 35% di antaranya berasal dari sektor finance, diman 95% di antaranya adalah perbankan,” katanya pada Market Outlook yang diadakan di Bursa Efek Indonesia.

Menurut dia, sektor perbankan dapat tumbuh positif di tahun ini seiring dengan permintaan pinjaman yang mengalami tren pertumbuhan yang mengalami petumbuhan sejalan dengan aktivitas ekonomi.

“Pinjaman perbankan mengalami tren pemulihan sejalan dengan pulihnya aktivitas ekonomi,” katanya.

Verdi menambahkan, saham-saham perbankan berada di dalma Indeks IDX80.

Lima saham teratas dalam indeks tersebut merupakan saham-saham perbankan, di antarana, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI), dan PT Bank BRI Syariah Tbk, (BRIS).

Pada tahun 2024, sektor perbankan diproyeksikan akan terus mendominasi, dengan berbagai indikator positif yang mendukung prospek cerah bagi pasar modal Indonesia.

Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI), Jeffrey Hendrik mengungkapkan bahwa pasar modal Indonesia menunjukkan peningkatan signifikan baik dari sisi supply maupun demand.

“Hingga saat ini, ada 924 perusahaan yang tercatat di BEI, dengan 22 perusahaan baru bergabung pada tahun 2024. Di sisi demand, jumlah investor terus bertambah, mencapai 12,6 juta orang, dengan 5,5 juta di antaranya adalah investor saham,” ujarnya.

“Menariknya, mayoritas investor ini berasal dari generasi milenial dan Gen Z, dengan 80 persen berusia di bawah 40 tahun, dan 60 persen di antaranya di bawah 30 tahun,” tambahnya.

Sektor perbankan tetap menjadi primadona di pasar modal, dengan kapitalisasi pasar yang besar dan kinerja yang terus menunjukkan tren positif. Sektor ini memainkan peran penting dalam mendorong pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). ■

Comments are closed.